spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Mahasiswa KKN Unigal Diberi Tugas Membantu Pemulihan Ekonomi Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis diberi tugas oleh kampus untuk membantu pemulihan ekonomi masyarkat pasca pandemi Covid-19. 

    Dosen Pembimning Unigal Hendra Sukarman mengatakan, yang paling penting dalam KKN kali ini adalah membantu pemulihan ekonomi masyarakat sesuai dengan progam KKN Unigal tahun ini yaitu “Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi Masyarakat”.

    “Mahasiswa harus bisa membantu kesulitan pelaku UMKM agar hasil produknya bisa berkembang,” katanya Hendra  saat melaksanakan monev di posko mahasiswa KKN di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Sabtu (13/8/2022). Sabtu (12/8/2022).

    BACA JUGA: Warga Kalijaya Tagih Janji Perbaikan Jalan Ke Bupati Ciamis

    Hendra menuturkan,untuk membantu pelaku UMKM tersebut agar bisa berkembang banyak cara yang harus dilakukan oleh para mahasiswa mulai dari memberikan edukasi cara pembuatan, mengemas, memasarkan sampai dengan perijinan agar produk tersebut bisa bersaing dipasaran.

    “Semua fakultas dalam kelompok masiswa ini bisa saling mengisi dalam membantu pelaku UMKM itu,” ucapnya.

    Hendra mengatakan, kelompok KKN antar fakultas akan saling mengisi materi terkait UMKM, dia mencontoh untuk pemasaran bisa dilakukan oleh fakultas ekonomi dan Fisip serta untuk mengurus perijin bisa oleh fakultas hukum.

    “Semua fakultas harus berkolaborasi sehingga KKN yang dilaksanakan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata dia.

    Selain itu menurut Hendra, mahasiswa Unigal ini juga melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM hingga ke tempat usahanya, sehingga kinerja pelaku UMKM dalam menjual barangnnya terpantau.

    “Mereka dalam laporanya  telah ikut mempromosikan produk UMKM itu melalui pemasaran online,” katanya.

    Sementara itu sekertaris kelompok KKN Desa Banjaranyar Rita Nurazizah menjelaskan, dalam membantu kegiatan masyarakat di wilayah Desa Banjaranyar kelompoknya ikut memasarkan hasil pertanian dari kelompok wanita tani (KWT).

    BACA JUGA: Peringati Hut RI ke 77, Jajan di Waroeng Z6 Situwangi Ciamis Gratis, Syaratnya ini

    “Di daerah Desa Banjaranyar ada Kelompok Wanita Tani (KWT). Kami kelompok KKN disini membantu mereka memasarkan hasilnya dan memberikan pendampingan bagaimana cara menanam sayuran di Polybag,” katanya. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img