spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kejurnas Atletik 2022, Jabar Finis di Posisi Ketiga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tim atletik Jawa Barat finish di peringkat ketiga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2022 yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, 6-11 Agustus 2022. Total, Jabar mengoleksi 29 keping medali dengan rincian 12 emas, 8 perak, dan 9 perunggu.

    Torehan 12 medali emas yang diraih tim Jabar pada Kejurnas Atletik 2022 disumbangkan dari atlet-atlet yang berlaga di kelompok junior (U-20) dan senior. Empat medali emas diraih dari kategori usia junior dan delapan medali emas dari kategori senior.

    Empat medali emas di kategori junior, disumbangkan Stevanus Benaya dari nomor tolak peluru putra. Lalu Natasya Mahdalita dari nomor lontar martil putri.

    Kemudian Diva Aprilian usai menjadi yang tercepat di nomor 100 meter putri. Dan Lusia Felia R dari nomor lempar lembing putri.

    Sedangkan delapan medali emas dari kategori senior diraih Hendro Yap di nomor jalan cepat 20 km. Kemudian M. Ramdhan Fitriadi dari nomor 400 meter putra.

    Riki M. Simbolon menambah perbendaharaan medali emas tim Jabar dari nomor 10 km putra. Lalu Tyas Murtiningsih yang masih membuktikan diri sebagai yang tercepat di nomor 100 meter putri.

    Tyas kembali meraih medali emas bersama Destyana Adinda, Mira Maryanti M, dan Ulfa Silpiana dari nomor estafet 4×100 meter putri. Medali emas selanjutnya disumbangkan Idan Fauzan R. dari nomor lompat tinggi galah.

    Rifki Nurfadillah menyumbang medali emas bagi tim Jabar dari nomor lempar lembing putra. Terakhir dari Fira Firliani Yuni yang tampil sebagai yang terbaik di nomor lempar lembing putri.

    BACA JUGA: Honda CB300F Diluncurkan, Moge Naked Dengan Harga Dibawah Rp 50 Jutaan

    Ketua Umum Pengprov PASI Jabar, Aan Johana mengaku bersyukur dengan raihan medali yang dicapai para atlet Jabar di ajang kejurnas kali ini. Namun pencapaian tersebut bukan hasil maksimal yang bisa diraih Jabar karena beberapa atlet andalan tidak bisa turun dan berlaga.

    “Beberapa atlet andalan kita memang tidak ikut karena beberapa hal. Ada yang membela Indonesia pada ajang Islamic Solidarity Games di Turki, sakit, cedera, atau kendala lainnya,” kata Aan saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (12/8/2022).

    Aan mengapresiasi dan bangga atas perjuangan serta kerja keras para atlet yang tampil di ajang Kejurnas Atletik 2022. Dengan segala kendala dan keterbatasan, para atlet masih mampu tampil maksimal di ajang kejurnas tersebut.

    “Kita dari PASI Jabar, memang tidak bisa memberikan pelayanan dan dukungan sepenuhnya buat atlet yang berlaga di kejurnas. Tapi kita selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi atlet sesuai dengan kemampuan kita. Untuk itu, saya secara pribadi dan pengurus PASI Jabar, mengapresiasi dan bangga atas prestasi yang sudah ditorehkan para atlet,” Aan menuturkan.

    Berdasarkan hasil yang diraih di Kejurnas Atletik 2022, Aan mengaku cukup puas. Tidak hanya melihat dari sisi raihan medali, tapi dari sisi proses pembinaan yang sudah dilakukan jajaran pengcab PASI kota/kabupaten di Jabar.

    “Banyak atlet-atlet junior hasil pembinaan pengcab PASI kota/kabupaten yang muncul dan berprestasi di kejurnas, meski di kelompok remaja (U-18) masih belum memperlihatkan hasil maksimal. Ini menjadi modal bagi kita mempertahankan juara umum di PON XXI tahun 2024 mendatang di Medan dan Aceh,” kata Aan.

    Pada Kejurnas Atletik 2022 sendiri, titel juara umum diraih Jawa Timur yang berhasil mengoleksi 66 keping medali dengan rincian 24 emas, 25 perak, dan 17 perunggu. Posisi runner up dihuni tuan rumah Jawa Tengah dengan torehan 16 medali emas, 19 perak, dan 18 perunggu.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img