spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Hari UMKM Nasional, iForte Sharing Digital Marketing Kepada Para Pelaku UKM

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Peringati Hari UMKM Nasional, iForte menggelar ‘Sharing Session’. Hal itu dilakukan untuk menyebarkan semangat UKM Kota Bandung, Jawa Barat sekaligus sebagai bagian dari Road to iFortepreneur 4.0 tahun 2022.

    Hadir dalam acara itu Dina Dellyana dan Reza Nurhilman sebagai narasumber yang berbagi ilmu serta pengalaman kepada 114 pelaku industri UKM yang hadir di Ballroom, The Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat (12/8/2022).

    Dina yang juga akademisi dari SBM ITB membuka sesi dengan ‘UMKM GO Digital Melek Big Data’, yang memberikan pemahaman dan membangun kesadaran pentingnya big data bagi UKM.

    BACA JUGA: Wajah Baru Pemasaran UMKM di Kota Banjar

    Menurut dia, UKM harus mulai memerhatikan dan mendokumentasikan data dalam bentuk paling sederhana, seperti pencatatan proses operasional usaha untuk dapat mengolah dan menganalisa data.

    “Sehingga pengambilan keputusan bisa lebih efektif demi menjaga sustainability bisnis UKM,” kata Dina.

    Narasumber lainnya yang juga owner sekaligus founder Keripik Maicih, Reza Nurhilman membagikan pengalamannya memulai usaha sejak 2010 hingga bisa menjadi salah satu brand keripik ternama bahkan diingat sampai sekarang.

    Reza pun mendorong UKM agar kreatif dan terus berinovasi dengan promosi yang memanfaatkan dunia digital, sehingga meningkatkan potensi penjualan produk UKM.

    “Di mulai dengan rasa penasaran untuk meningkatkan pemasaran,” kata Reza.

    Ruliyani, salah satu pemilik UKM mengaku mendapatkan banyak ilmu dari kedua narasumber yang dihadirkan iForte. Dia berharap usahanya dapat semakin berkembang dan produknya ‘Gongso Layang’ dapat lolos ke tahap final iFortepreneur tahun ini.

    Head of Marketing Communication iForte Victor Sihombing mengatakan, tahun ini menjadi yang kedua iForte menyelenggarakan program iFortepreneur untuk UKM Indonesia.

    Dengan berkolaborasi bersama KemenkopUKM, Kemenparekraf, dan SBM ITB, iForte berharap program iForteprenuer 4.0 dapat bermanfaat dan membantu para pelaku UKM Indonesia sebagai pilar penting dalam perekonomian Indonesia, untuk dapat memaksimalkan potensi usahanya dengan bertransformasi ke platform digital.

    BACA JUGA: Produk UKM Jawa Barat Berhasil Menarik Perhatian Pasar Dunia Di Korea

    “iFortepreneur adalah persembahan iForte untuk mendukung usaha pemerintah dalam percepatan digitalisasi UKM. Kami berharap di hari UMKM Nasional ini akan semakin banyak UKM yang bertumbuh dan meningkatkan semangat inovatif serta pola pikir kreatif dalam pemanfaatan platform digital demi kemajuan UKM di Indonesia,” kata Victor.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img