spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Bupati Ciamis: Menjalankan Roda Pemerintahan Harus Seperti Bermain Catur

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur Bupati Cup II tingkat Nasional yang diselenggarakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Ciamis. Pada Sabtu – Minggu 23 – 24 Juli 2022 di Bale Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

    Penyelenggaraan Turnamen Catur hari pertama Sabtu yakni tingkat pelajar se Kabupaten Ciamis. Kemudian hari Minggu dilanjut dengan Catur Non Master tingkat Nasional, dengan memainkan kelas Catur Cepat 20 menit. Turnamen tersebut dipimpin oleh 5 orang Wasit berlisensi Nasional.

    Herdiat menyambut baik animo para peserta Turnamen yang hadir dari luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

    BACA JUGA: Lantik 49 Pejabat, Bupati Ciamis: Jangan Buat Masyarakat Kecewa

    “Para pecatur ini memiliki intelegensi tinggi dan cerdas dalam mengatur strategi,” kata Herdiat, Minggu (24/7/2022) di Bale Desa Panjalu Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

    Herdiat menuturkan, dalam menjalankan roda pemerintahan, semua stakeholder harus bergerak seperti permainan Catur. Harus kreatif berinovasi dengan intelegensi tinggi dalam menjalankan strategi untuk memajukan Ciamis.

    “Semua stakeholder harus memaksimalkan tugasnya masing-masing dengan strategi cerdas melalui imajinasi yang tinggi,” kata Herdiat.

    Herdiat menambahkan apresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet catur yang akan mengikuti Porprov Jawa Barat ke-14.

    Ada 2 atlet catur dari Ciamis atas nama Hadiat kategori perseorangan terbatas putra, Mia Rosmiatin kategori perseorangan putri yang lolos untuk nantinya mengikuti pertandingan catur di ajang Porprov Jawa yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2022.

    “Atlet Catur asal Ciamis bisa ikut berkompetisi di ajang Porprov Jawa Barat, ini merupakan sejarah,”  kata dia.

    Herdiat menuturkan, olahraga catur merupakan olahraga yang berbeda dengan olahraga pada umumnya.

    “Olahraga catur merupakan olahraga yang tidak melibatkan fisik, tetapi harus mengandalkan otak dalam pola penyerangan maupun bertahan,” Ujarnya.

    “Para atlet Catur merupakan orang hebat, karena dalam bermain catur harus memiliki pola pikir yang tinggi,” jelasnya.

    Sementara itu Ketua Percasi Ciamis Harry Ramdhan mengungkapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis yang telah mendukung terhadap kesuksesan penyelenggaraan kegiatan.

    “Terimakasih Pa Bupati atas dukungannya, insyaallah kita akan terus fokus dalam pembinaan dan menjaring bibit atlet-atlet muda Catur di Ciamis,” ucapnya.

    Harry menjelaskan, turnamen Bupati Cup yang ke 2 ini diharapkan dapat merangsang para atlet belia untuk bermain catur di jalur profesional. Selain juga untuk meningkatkan ekonomi sekitar sekitar di tempat penyelenggaraan.

    “Selain pembinaan sekaligus menjaring potensi atlet Catur muda, Kita harap kejuaran-kejuaran catur ini akan merangsang para pecatur muda untuk lebih mengoptimalkannya kemampuan mereka,” katanya.

    Harry menambahkan, pelaksanaan Turnamen di wilayah Panjalu ini diharapkan dapat lebih menyosialisasikan cabang olahraga Catur.

    BACA JUGA: Cetak Generasi Emas, Bupati Ciamis Janji Sejahterakan Guru TK

    “Di Panjalu ini ada klub catur Pion Panjalu yang sudah terkenal. Ini juga upaya kita mensosialisasikan bahwa Catur bukan hanya olahraga iseng, tapi merupakan olahraga prestasi yang mampu mengasah kinerja otak,” kata Harry.

    Pada Turnamen Catur Bupati Cup I lalu terbukti dapat melahirkan beberapa atlet Catur berprestasi asli Ciamis yang mampu bersaing di tingkat Provinsi.

    “Kita harap dapat menjaring lebih banyak potensi atlet yang mampu berbicara di tingkat Nasional. Harapannya insyaallah kenapa tidak, kita upayakan bahkan Atlet Ciamis mampu meraih tingkat Grand Master,” pungkas Harry.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img