spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Salim Ekonomi Expo 2022 Bangkitkan UMKM

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengapresiasi gelaran Salim Ekonomi Expo 2022. Menurut dia, di tengah posisi UMKM Indonesia yang berada paling bawah se Asia Tenggara, pembinaan ekonomi kreatif sangat penting.

    Saat ini, kata dia, ada 100 juta Milenial di Indonesia. Pihaknya ingin potensi mereka bisa dikembangkan dan menjadi generasi sukses, termasuk untuk kemajuan UMKM bangsa.

    BACA JUGA: PKS Jabar Cari Kader Lewat Sekolah Relawan Kebencanaan

    “Maka kami hadir untuk meningkatkan dan membangun ekonomi kreatif agar UMKM bisa unggul sekurang-kurangnya di Asia Tenggara,” kata Salim saat meninjau 50 tenant UMKM binaan PKS di halaman Gedung Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Minggu (24/7/2022).

    Pihaknya sudah membina banyak UMKM untuk mendapat kemudahan modal, pemasaran, termasuk mempersiapkan calon pembeli produk UMKM.

    “Kita harus go internasional, 2024 PKS harus menang untuk membuktikan tekad kita membawa UMKM ke kancah internasional,” kata dia.

    “Kalau jumlah pelaku UMKM semakin banyak, maka ekonomi bangsa akan berhasil, ini pilar ekonomi rakyat,” kata mantan Mensos era SBY itu.

    Sementara itu, Ketua Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi (BPJE) DPW PKS Jabar Asep Mulyadi mengatakan, Salim Ekonomi Expo ini sebagai bentuk kepedulian terhadap ekonomi kreatif.

    Pihaknya membina dan mengajarkan bisnis, termasuk membuka pasar sekaligus jaringannya.

    “Kami berharap UMKM semakin pulih, maka kita sebagai bidang UMKM kami sangat peduli dan memberikan pembinaan kepada mereka termasuk untuk konsep dan lainnya,” kata Asep saat launching Salim Ekonomi Expo 2022.

    Pemilu 2024

    Salim tidak menampik jika kegiatan yang digelar saat itu diidentikan dengan upaya memperoleh suara untuk Pemilu 2024. Terlebih PKS menargetkan kemenangan di Pemilu nanti. Kendati begitu, pada gelaran Salim Ekonomi Expo 2022, pihaknya tetap mengedepankan kepentingan memajukan perekonomian, dalam hal ini membantu UMKM.

    “Soal koalisi, kami siap bergabung dengan siapa saja selama visi-misi yang diusung adalah membangun negeri dan mewujudkan cita-cita bersama untuk Indonesia,” kata Salim.

    Disinggung terkait pencapresan, Salim mengaku belum ada pembahasan ke arah itu, berbeda jika dari bawah yang menginginkan dirinya maju sebagai Capres dari PKS.

    Sekolah Relawan Kebencanaan

    Sebelumnya DPW Partai Keadilan Sejahtera Jabar melaunching sekolah relawan (Sekar) untuk kebencanaan. Bahkan PKS sudah merekrut ribuan relawan dan sudah terjun langsung membantu terdampak bencana yang terjadi di Jabar.

    Plt Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera Jabar Iwan mengatakan, meski Sekar PKS, pihaknya menegaskan bahwa perekrutan relawan ini untuk bersama-sama membantu terdampak bencana. Namun jika di perjalanan ada relawan yang tertarik menjadi kader, PKS tidak menutup diri.

    “Yang pasti kita terbuka, namun tidak memaksa ke arah situ. Intinya kita bina terlebih dahulu mereka untuk menjadi relawan bencana,” kata dia.

    BACA JUGA: PKS Ciamis Targetkan 14 Kursi DPRD

    Iwan berharap para relawan yang mendaftar nanti bisa mengikuti sekolah relawan hingga ke tahap sertifikasi. Relawan yang mendaftar, kata dia, akan diarahkan ke DPD di masing-masing kabupaten/kota.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img