spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    PKS Jabar Cari Kader Lewat Sekolah Relawan Kebencanaan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPW PKS Jabar luncurkan program sekolah relawan kebencanaan. Sekolah tersebut dibentuk karena Jawa Barat merupakan daerah rawan bencana. 

    Dengan kondisi Jabar yang memiliki potensi bencana cukup tinggi maka memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) kebencanaan yang cukup banyak untuk membantu pemerintah dengan didasari oleh pengetahuan dan dibekali oleh sertifikasi. 

    Plt Ketua DPW PKS Jabar, Iwan Suryawan mengatakan, pihaknya sudah berkomitmen untuk melakukan tanggap bencana khususnya yang terjadi di Jawa Barat.

    Sekolah relawan kebencanaan ini dilakukan agar relawan bisa menanggulangi bencana sesuai dengan SOP kebencanaan. 

    BACA JUGA: Anggota DPR RI Salurkan Bantuan Untuk Masjid Besar Banjarsari Sebesar Rp 100 Juta

    “Sekolah ini kami bekerjasama dengan Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), para relawan yang sudah melaksanakan sekolah diberikan delapan mata pelajaran kebencanaan. Kemudian hasilnya relawan sertifikat tanggap bencana,” kata Iwan dalam peluncuran sekolah Relawan Bencana, Kamis (21/7/2022).

    Kemudian Iwan menjelaskan, sekolah relawan kebencanaan ini bukan hanya untuk kader PKS saja, namun terbuka untuk umum.  

    “Saat ini sudah ada sekitar 1.156 pendaftar yang masuk, kita harapkan minimal ada 50 relawan di setiap kabupaten kota yang aktif,” katanya.

    BACA JUGA: Pria Warga Kecamatan Sariwangi Nekad Gantung Diri

    Kemudian terkait relawan kebencanaan harus masuk menjadi kader PKS. Menurut Iwan, pihaknya tidak memaksakan atau bahkan mengajak untuk mengajak. Akan tetapi program ini merupakan salah satu langkah untuk PKS untuk memberikan pemahaman tentang kepedulian partai terhadap masyarakat. 

    “Kalau sudah gabung dengan relawan kebencanaan ini, mereka bisa mengetahui tentang PKS dan tertarik menjadi kader, karena dalam sekolah ini didalamnya terdapat pembinaan tentang kaderisasi,” kata dia. 

    (Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img