spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Polemik Kebun Binatang Bandung, Ini Kata Pengamat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Cecep Darmawan angkat suara terkait polemik kepemilikan lahan Kebun Binatang Bandung yang saat ini tengah berada dalam proses hukum.

    Dia mengajak semua pihak yang terkait untuk menunggu proses hukum yang sedang berjalan.

    “Kalau aspek hukum ya selesaikan di pengadilan. Dihormati apapun keputusan pengadilan. Kebun Binatang sebagai bagian dari tempat rekreasi publik harus dibicarakan dengan pemkot,” kata Cecep Dermawan saat dihubungi Rabu (20/7/2022).

    Cecep Dermawan menyebut, polemik kepemilikan lahan yang saat ini terjadi jangan sampai membuat eksistensi Kebun Binatang Bandung memudar apalagi menghilang. Menurutnya,  permasalahan ini harus dilihat dari dua aspek. Pertama aspek hukum dan kedua aspek pengelolaannya.

    BACA JUGA: Polemik Lahan Kebun Binatang Bandung, Ini Kata Anggota DPR RI

    “Jadi pemkot harus bijak misalnya pengelolaan boleh oleh Yayasan dengan kerjasama pemkot bareng-bareng kelola, soal nanti kepemilikan lahan biar proses hukum yang memutuskan nanti di pengadilan. Jangan sampai Kebun Binatang ditutup gara-gara polemik,” ucapnya.

    Cecep Dermawan meminta, kepada pihak terkait untuk mencari solusi dan menghargai proses hukum yang saat ini sedang berjalan serta menunggu hasil yang diputuskan sebelum ada tindakan yang bisa merugikan salah satu pihak.

    BACA JUGA: Wajib Booster, Wali Kota Bandung Imbau Pelaku Wisata Taati Aturan

    “Harus cari win win solution kira-kira tak tutup kebun binatang tapi buat sepakat bersama supaya masyarakat bisa nikmati dengan harga terjangkau. Jadi kan itu bagian hiburan rakyat, sekali lagi proses hukumnya kita hargai dan hormati, siapapun nanti yang mengelolanya. Apakah yayasan pemkot atau kerjasama bareng, itu harus dipertahankan sebagai kebun binatang, dahulukan kepentingan rakyat,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img