spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Indonesia Bakal Hentikan Pengiriman TKI ke Malaysia, Ada Apa?

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Indonesia diberitakan bakal menghentikan sementara pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia, termasuk ribuan TKI yang direkrut untuk bekerja di perkebunan.

    Bijakan tersebut diambil lantaran adanya pelanggaran kesepakatan perekrutan pekerja yang ditandatangani kedua negara.

    Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono mengatakan, pembekuan sementara itu diberlakukan usai otoritas imigrasi Malaysia menggunakan sistem rekrutmen online untuk pekerja rumah tangga.

    Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (14/7/2022), sistem rekrutmen ini dapat dikaitkan dengan dugaan perdagangan orang dan kerja paksa.

    “Pengoperasian sistem yang berkelanjutan ini melanggar ketentuan perjanjian yang disepakati antara Indonesia dan Malaysia pada April, yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan pekerja rumah tangga yang dipekerjakan di Malaysia,” kata Hermono, sepertio dilansir IDN.

    Hermono mengatakan, sejumlah perusahaan Malaysia yang bergerak di sektor perkebunan dan manufaktur telah mengajukan sekitar 20 ribu aplikasi untuk TKI.

    Sementara itu, Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia S Saravanan mengonfirmasi adanya surat dari Indonesia tersebut, terkait pembekuan sementara pengiriman TKI.

    “Kami akan membahas masalah ini dengan Kementerian Dalam Negeri yang mengawasi departemen imigrasi,” kata Saravanam.

    BACA JUGA: Viral Ditemukan Kuburan Massal Tentara Mesir di Israel

    Malaysia sendiri cukup bergantung pada jutaan pekerja asing, sebagian besar berasal dari Indonesia, Bangladesh, dan Nepal untuk bekerja di pabrik dan perkebunan. Namun banyak juga warga asal Indonesia yang bekerja di sektor rumah tangga di Malaysia.

    Ada kekhawatiran yang berkembang beberapa tahun terakhir atas perlakuan tujuh perusahaan Malaysia terhadap pekerja migran.

    Perusahaan-perusahaan ini juga sempat diblok oleh Amerika Serikat karena diduga melakukan kerja paksa.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img