spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Viral Video Menlu Rusia Diteriaki di G20 Bali

    BALI,FOKUSJabar.id: Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menghadiri pertemuan G20 di Bali, Ia sudah tiba sejak Kamis kemarin.

    Namun ada yang menarik saat pertemuan “G20 Foreign Minister’s Meeting” dilakukan Jumat (8/7/2022). Ketika mendatangi veneu dan bersalaman dengan Menlu RI Retno Marsudi teriakkan seorang pria sempat memecahkan konsentrasinya.

    “Why did you start the war (mengapa kamu memulai perang),” kata pria itu sebagaimana terlihat di video media Prancis, AFP. Teriakkan itu pun datang tiga kali.

    Lavrov yang awalnya berbincang sedikit dengan Retno kemudian seperti terlihat menoleh ke arah suara. Namun seperti tak mengubris, ia langsung menuju rang meeting sesuai arahan Retno.

    Reuters memberitakan, pertemuan tersebut menjadi yang pertama kalinya bagi Lavrov berhadapan langsung dengan para menlu yang selama ini vokal menentang serangan Rusia ke Ukraina.

    Pertemuan itu pun diperkirakan akan banyak membahas dampak perang di Ukraina.

    Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong misalnya, menegaskan bahwa negaranya dan negara-negara yang berpikiran sama akan menggunakan pertemuan G20 untuk menyoroti dampak perang.

    “Kami akan memperjelas secara kolektif pandangan kami tentang posisi Rusia dan perilaku Rusia,” katanya, seperti dilansir CNBC.

    BACA JUGA: Kronologi Penembakan Eks PM Jepang Shinzo Abe

    Seperti dilaporkan kantor berita Rusia TASS, Lavrov berencana untuk bertemu dengan beberapa mitra G20 di sela-sela KTT.

    Namun, para menlu, termasuk Annalena Baerbock dari Jerman dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengesampingkan pertemuan terpisah dengan Lavrov.

    G20 beranggotakan Afrika Selatan, AS, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia. Ada pula Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Turki, dan Uni Eropa (UE).

    Serangkaian pertemuan G20 di bawah Presidensi Indonesia telah dimulai pada 1 Desember 2021. Kegiatan puncak akan dihelat 15-16 November 2022.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img