spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Kompak Libatkan Pemuda Dukung Y20 Summit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan kompak mendukung Yout 20 (Y20) Summit. 

    Jawa Barat dan DKI Jakarta sendiri akan menjadi tuan rumah perhelatan pemuda dari 20 negara anggota Group 20 (G20). 

    Diketahui Y20 Summit tersebut bakal digelar pada 17-24 Juli 2022 mendatang dengan empat isi utama yakni isi ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan, layak huni, keberagaman dan inklusi.

    BACA JUGA: Hasil KTT Y20 Akan Diimplementasikan dalam Kebijakan Pembangunan di Jabar

    “Sederhana saja, kami mempunyai kewajiban tidak hanya isu ini di level puncak, melainkan juga di level wilayah dengan empat isu ini dijadikan kebijakan yang realistis untuk pemuda di Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil. 

    Dia mengklaim selama ini pemerintahannya telah banyak berkolaborasi dan melibatkan peran pemuda untuk Jabar Juara. 

    “Karena Jawa Barat mempunyai visi Jabar Juara Lahir Batin Melalui Kolaborasi dan Inovasi. Nah, kata kolaborasi ini bahasa lainnya inklusif, khususnya pemuda dilibatkan,” kata dia. 

    Saat ini saja, Ridwan Kamil mengatakan Provinsi Jabar telah membuat beberapa unit kerja yang melibatkan peran pemuda, di antaranya unit kerja Jabar Digital Service, Jabar Saber Hoaks, Jabar Quick Response, Jabar Future Leaders, Jabar Innovation Fellowship, dan Patriot Desa yang isinya anak muda semua. 

    “Menurut saya, salah satu provinsi yang melibatkan pemuda ke dalam strategis pembangunan adalah Jawa Barat. Jadi begitu sayangnya Jabar kepada pemuda, itulah komitmennya,” ujarnya. 

    Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia. 

    Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali. 

    Sementara ditambahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya sangat berharap pelaksanaan KTT Y20 menghasilkan kesepakatan berdasarkan hasil aspirasi pemuda untuk kemudian disampaikan kepada para pemimpin dunia. 

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sebut Masjid Raya Al-Jabbar Terkeren Se-Indonesia

    “Kesepakatan tersebut harus dihasilkan Y20, ” katanya 

    Menurutnya, pemuda memiliki peranan penting dalam menentukan nasib masa depan bangsa. Maka dari itu perlu dipikirkan juga oleh para Pemimpin di KTT G20. 

    “Para pemuda ini adalah pemilik masa depan. Apa yang katakan mereka, perlu dipikirkan serius oleh para pemimpin,” katanya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img