spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Membunuh Secara Sembunyi, Seperti ini Latihan Sniper TNI AD

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Personel TNI AD di Yonif Raider 323 Buaya Putih Kostrad menggelar latihan Bakduk atau menembak runduk. Sabtu (2/7/2022). 

    Latihan menembak sniper yang dilakukan di Dayeluhur Kompleks, Kota Banjar ini dikenal dengan istilah penembak runduk. 

    Istilah militer tersebut merupakan keterampilan khusus seorang prajurit TNI untuk membunuh secara tersembunyi dengan menggunakan senjata panjang spesialis jarak jauh. 

    BACA JUGA: Hari Bhayangkara, Polres Beri Penghargaan Untuk Nakes Dan Kades

    “Dalam pelaksanaan latihan ini telah direncanakan sedemikian rupa sehingga sasaran latihan ini dapat meningkatkan kemampuan para prajurit bagi para penembak runduk,” kata Danyonif Raider 323/BP Letkol Inf Triyono Hadiyanro. 

    TNI AD
    Prajurit TNI AD Yonif Raider 323 Buaya Putih saat melakukan latihan menembak runduk. (Foto: Budiana Martin)

    Dia menjelaskan latihan dilakukan agar para prajurit TNI AD bisa menguasai dan melumpuhkan lawannya saat perang dari jarak jauh. 

    “Dalam pertempuran, penembak runduk  memegang peran penting untuk bisa melumpuhkan lawan dari jarak jauh. Biasanya para penembak runduk ini juga menjalankan penugasan khusus seperti pengamanan VIP dan VVIP,” kata dia. 

    Selain itu, dalam latihan ini prajurit juga harus terlatih untuk menyamar, observasi medan dan bagaimana cara mengeksekusi sasaran.

    Latihan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana membuat samaran yang baik sehingga tidak terdeteksi oleh penglihatan musuh saat melaksanakan tugas observasi medan dan sasaran serta melumpuhkan musuh bila diperlukan.

    BACA JUGA: Jaga Marwah Polri, IPW Desak Polda Jabar Selesaikan Dugaan Pengambilan Air Ilegal di Sumedang

    “Setelah menerima materi latihan dari pelatih, para peserta latihan menembak runduk diberikan kesempatan untuk mencoba dan mempraktekan teknik maupun taktik sebagai penembak runduk,” tutupnya. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img