spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    DKUKMP Ciamis Optimis Target Retribusi Tera Tercapai

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis sudah bisa melayani tera bagi alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Sebelumnya, DKUKMP Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan tim metrologi Tasikmalaya untuk pelayanan tera.

    Kepala DKUKMP Ciamis, Asep Khalid Fajari mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki petugas tera (penera) sehingga bisa melakukan pelayanan tera sendiri. Penera tersebut telah melakukan diklat dan telah legal untuk melakukan tera di wilayah Ciamis.

    “Alhamdulillah sekarang kami sudah memiliki petugas tera yang bersertifikat sehingga kami bisa melaksanakan tera,” kata Asep, Jumat (24/6/2022).

    Dengan keberadaan penera, Asep cukup yakin pendapatan dari retribusi tera di Ciamis bisa meningkat. Pihaknya pun menargetkan pendapatan dari retribusi tera pada tahun ini sebesar Rp50 juta.

    “Alhamdulillah, sampai saat ini, target tersebut sudah mencapai 60 persen lebih meski baru beberapa bulan berjalan,” dia menambahkan.

    BACA JUGA: Raih Perak di SEA Games XXXI, 7 Penggawa Cosmo JNE FC Diguyur Bonus Puluhan Juta

    Asep menjelaskan, tujuan tera terhadap UTTP dilakukan agar masyarakat terhindar dari kecurangan. Pasalnya, pelaksanaan tera sebagai upaya pihaknya menilai kelayakan alat ukur.

    “Tera bisa melindungi konsumen karena alat ukur yang digunakan pedagang bisa diketahui apakah masih layak digunakan atau tidak,” Asep menegaskan.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img