spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Pulihkan Ekonomi, Pemkot Bandung Hadirkan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menghadirkan kampung wisata kreatif. Di tahun ini, hadir di kawasan Cigondewah Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung Jabar.

    Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kampung wisata kreatif, sebelumnya hadir di kawasan Braga, Cigadung, Binong Jati, dan Cinambo.

    “Mudah mudahan reaktivasi ini, kita bisa melakukan pemulihan ekonomi di daerah ini,” kata Yana di Cigondewah, Rabu (22/6/2022).

    BACA JUGA: Kasus COVID-19 di Kota Bandung Naik 100 Persen

    Menurutnya, kampung wisata kreatif Cigondewah merupakan sarana pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya saing.

    “Tentunya hal ini akan berdampak kepada perkonomian sekitar setelah dua tahun lamanya kita diterpa pandemi,” ucapnya.

    Yana mengungkapkan, Pemkot Bandung akan mengkaji kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terkait potensi paket wisata di daerah Cigondewah.

    “Harus ada inovasi dan kreatif. Pemkot Bandung hadir menjadikan kawasan ini menjadi paket wisata. Mudah mudahan nanti kita bisa bekerja sama dengan Kabupaten Bandung untuk pariwisata,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari mengatakan, reaktivasi kampung wisata kreatif Cigondewah merupakan implementasi amanat RPJMD.

    Reaktivasi ini, kata dia,  merupakan bagian dari pengembangan delapan kampung wisata di Kota Bandung. Saat ini, Kota Bandung telah memiliki lima kampung wisata kreatif.

    “Masing-masing memiliki tema. Braga sejarah dan cagar budaya. Cigadung wisata kreatif. Binong Jati tema kampung rajut. Cinambo kampung wisata literasi, dan sekarang di Cigondewah pusat belanja,” kata Kenny.

    BACA JUGA: Agus Mulya Terpilih Sebagai Ketua KONI KBB, Kalahkan Istri Bupati

    Menurut Kenny, kampung wisata kreatif Cigondewah memiliki tagline “Pusatnya Belanja Kain di Kota Bandung”. Terdapat sekitar 150 pengrajin dan pengusaha kain serta produk fesyen lainnya.

    Salah satu tokoh masyarakat Cigondewah, Dede menyambut antusias reaktivasi di wilayahnya. Dorongan pemerintah kota, diharapkan kembali menarik minat wisataan luar dan dalam negeri.

    “Alhamdulillah dicanangkan akan dijadikan kampung kreatif belanja kain. Ini kita harapkan bisa menunjang mata pencaharian dan timbul harapan kita, ekonomi yang merosot dua tahun ini bisa kembali maju,” kata Dede.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img