spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Kasus COVID-19 di Kota Bandung Naik 100 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara menyebut, kasus COVID-19 kembali mengalami kenaikan. Bahkan kenaikannya mencapai 100 persen sejak dua pekan lalu.

    “Dua minggu yang lalu, kasus aktif itu 69. Nah sekarang itu per kemarin, kasus aktifnya 131. Kenaikan ini ditenggarai adanya berbagai relaksasi dan kurangnya disiplin protokol kesehatan,” kata Ahyani di Kota Bandung Jabar Selasa (21/6/2022).

    Temuan kasus, kata dia, sempat berada di angka dua atau tiga orang saja per hari. Sedangkan dalam dua minggu ke belakang, pernah ditemukan jumlah kasus sebanyak 26 orang per hari. Varian baru, satu di antara variabel lainnya.

    “Mobilitas menjadi lebih tinggi, dan masyarakat lalai prokes karena orang pikir sudah level satu. Padahal level satu itu artinya masih ada resiko tapi sangat rendah. Atau malah sudah merasa punya data tahan tubuh karena sudah divaksinasi,” kata dia.

    BACA JUGA: Covid-19: Angka Kemiskinan di Ciamis Naik 0,35 Persen

    Meski kasus tidak memiliki tingkat fatalistik tinggi dan bisa terjadi tanpa gejala, Ahyani mengatakan penyebaran varian BA.4 dan BA.5 tergolong cepat. Sehingga masyarakat harus tetap disiplin prokes.

    “Jadi sebetulnya subvarian apapun, tetap saja aktivitasnya harus disertai disiplin prokes. Terutama masker dan menjaga jarak, mencuci tangan, jaga jarak. Menghindari kerumunan, itu semua yang bisa kita kontrol,” kata dia.

    Ahyani meminta masyarakat selalu menerapkan 5M (nenjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, mencuci tangan) sementara pihaknya selalu konsisten menggencarkan 3T (tracing, testing dan treatment).

    “Kami dari jajaran kesehatan tetap 3T juga. Tracing, testing, sama treatment. Kita kontrol juga hal ini, testingnya satu hari masih di atas 1000, padahal dari WHO tuh Bandung cukup 2500 seminggu. Kita bisa 1000 sehari,” kata Ahyani.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img