spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung dan Satgas Citarum Bakal Tertibkan 300 Bangunan Liar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSABM) Kota Bandung bersama Satgas Sektor 22 Citarum Harum akan melakukan penertiban bangunan liar di bantaran sungai di Kota Bandung. Penertiban dilakukan meminimalisasi potensi banjir di aliran sungai.

    Kepala DSABM Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, pihaknya terus melakukan penertiban bangunan liar di bantaran sungai. Terdapat tiga kelurahan di Kecamatan Batununggal yang akan dilakukan penertiban bangunan liar.

    “Di Batununggal ada tiga kelurahan Maleer, Binong, Gumuruh dengan total 300 bangunan liar akan ditertibkan,” kata Didi Ruswandi di Taman Dewi Sartika, Jalan Merdeka, Kota Bandung Jabar Rabu (22/6/2022).

    BACA JUGA: UPI Wisuda 1.706 Lulusan Secara Luring, Perkuliahan Tatap Muka Segera Digelar

    Didi menyebut, pihaknya akan membongkar bangunan liar yang berada di bantaran sungai. Namun DSABM masih menemukan bangunan yang memiliki legalitas sertifikat kepemilikan.

    “Kalau punya legalitas kita tidak bongkar, ada sebagian punya sertifikat. Kita terus berupaya untuk mengatasi persoalan banjir ini di Kota Bandung,” ucapnya.

    Menurutnya, beberapa penyebab banjir masih terjadi karena diantaranya jumlah resapan masih kurang serta kapasitas aliran sungai yang kurang. Saat itu titik banjir terdapat di 10 tempat dan 24 titik lainnya merupakan genangan.

    Oleh karena itu, pihaknya akan memasang pompa air di Cingised, Citarip Kopo dan Rancabolang Gedebage. Selain itu kerja sama dengan Pemkab Bandung membuat kolam retensi di Tegaluar.

    BACA JUGA: Agus Mulya Terpilih Sebagai Ketua KONI KBB, Kalahkan Istri Bupati

    “Kolam retensi dua hektar sudah dibebaskan dari rencana 13 hektar. Penggalian oleh kita. Kota Bandung tidak akan bebas dari banjir, sebab banjir terjadi pada periode tahunan, lima tahun dan 10 tahunan,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img