spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    DPRD Kota Banjar Minta PDAM Tirta Anom Tingkatkan Layanan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Ketua Komisi II DPRD Kota Banjar, Asep Saefurrohmat meminta agar pelayanan perusahaan umum daerah (Perumda) Tirta Anom ditingkatkan. Senin (20/6/2022). 

    “Pengembangan perusahaan ini perlu dioptimalkan,” katanya usai melakukan kunjungan kerja di instalasi pengolahan air (IPA) yang ada di Kelurahan Situbatu Kota Banjar. 

    Dia menilai masih banyak kinerja yang perlu dievaluasi oleh perusahaan milik pemerintah Kota Banjar Jawa Barat ini. 

    BACA JUGA: DPRD Kota Banjar Kritisi Layanan PDAM Tirta Anom

    Salah satu, mencari solusi terkait persoalan pada penyaluran air bersih ke masyarakat yang kerap terkendala. Termasuk menjadi bagian solusi mengatasi kendala air di Banjar. 

    “Pipa nya harus disambungkan ke jaringan utama dan itu harus segera diusulkan ke Pemerintah Kota Banjar agar dapat penyertaan modalnya,” katanya

    Kendati demikian, jika terjadi permasalahan atau kendala air bersih yang bersumber di pusat Kota bisa dibantu dari sambungan pipa yang disalurkan dari IPA Situ Batu. 

    “IPA Situbatu pun akan berjalan maksimal dan bisa mengakomodir 1.000 SR (sambungan rumah) bahkan lebih,” kata dia. 

    Kemudian, program-program seperti MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang tertunda di tahun 2021 lalu itu perlu ditindak lanjuti kembali. 

    “Kami mendorong program MBR ditindak lanjuti lagi,” ujarnya. 

    Selain itu terkait sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Menurutnya, berdasarkan rasio jumlah pekerja dengan sambungan rumah ini dinilai belum maksimal. 

    Rasio ideal SDM untuk 1.000 SR itu 6 orang. Sedangkan jumlah pekerja disini ada sebanyak 81 orang. 

    “Harusnya bisa mencapai 13.500 sambungan rumah, karena itu bisa untuk efisiensi,” kata Asep. 

    Sementara itu Direktur Perumda Tirta Anom E.Fitrah Nurkamilah menyebutkan bahwa tahun ini pihaknya menargetkan 1.500 SR untuk pengembangan Unit Pelayanan Situ Batu Kota Banjar. 

    Fitrah juga mengatakan akan mendorong pembentukan peraturan daerah mengenai penyertaan modal ke perusahaan yang dipimpinnya itu, guna menyehatkan perusahaan. 

    Perumda Tirta Anom juga ingin mengoptimalkan jaringan pipa distribusi air bersih untuk pelayanan 700 pelanggan dengan langkah teknisnya. 

    “Mudah-mudahan tahun ini Pemerintah bisa membantu untuk pengoptimalan Perumda Tirta Anom ini,” katanya.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img