spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Nelayan Pembunuh Jurnalis Inggris yang Hilang di Amazon Berhasil Ditangkap

    BRASIL,FOKUSJabar.id: Seorang nelayan di Brasil diamankan terkait pembunuhan jurnalis Inggris Dom Phillips yang hilang di kawasan Hutan Amazon.

    Nelayan bernama Amarildo da Costa de Oliveira yang dijuluki Pelado itu mengaku membunuh Phillips dengan menggunakan senjata api.

    Dom Phillips merupakan reporter lepas yang menulis untuk berbagai media Barat seperti The Guardian dan Washington Post.

    Dia dikabarkan hilang pada 5 Juni ketika melakukan perjalanan di Lembah Javari menuju suku terpencil yang belum pernah terjamah dunia luar.

    BACA JUGA: Telepon Putin, Cina Dukung Penuh Rusia!

    Atas informasi Pelado, pihak berwenang berhasil mendapatkan sisa-sisa jenazah Phillips dan saat ini sedang diperiksa oleh petugas forensik guna identifikasi. Jika itu terbukti, maka jenazah akan diberikan kepada keluarganya.

    Penyidik Eduardo Alexandre Fontes dalam konferensi persnya menjelaskan bahwa pihak berwenang telah menangkap seorang nelayan yang diduga membunuh jurnalis Inggris Dom Phillips.

    Dia juga mengatakan telah menemukan jenazah yang diduga adalah korban.

    “Kami menemukan mayat tiga kilometer ke dalam hutan,” kata Fontes, seperti dilansir IDN.

    Pelado memberikan pengakuan bahwa dia terlibat bentrokan dengan Phillips karena jurnalis Inggris itu memerangi pencarian ikan ilegal di wilayah Pribumi Amazon.

    Wilayah tempat Phillips dikabarkan hilang berada di hutan terpencil dekat perbatasan Kolombia dan Peru yang disebut Lembah Javari.

    Wilayah itu merupakan rumah bagi Pribumi terbesar Amazon yang belum pernah terhubung dengan dunia luar.

    Wilayah tersebut juga kerap diserbu para nelayan, pemburu, penebang pohon dan penambang ilegal. Polisi menjelaskan lembah tersebut juga jalur utama perdagangan narkoba.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img