spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Wujudkan Langit Biru, Dishub Ciamis Gelar Uji Emisi Gratis

    CIAMIS,FOKUSJabad.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis laksanakan uji emisi kendaraan bermotor secara gratis di Alun-alun Ciamis. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi udara.

    Kepala UPTD pengujian kendaraan bermotor Dishub Ciamis Yulianti mengatakan, uji emisi kendaraan bermotor tersebut menyasar kendaraan dinas operasional, BUMN, BUMD dan Komunitas.

    “Masih dalam rangka memeriahkan HUT Ciamis ke-380 kita lakukan uji emisi kendaraan secara gratis. Ini untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan,” kata Yulianti, Kamis (16/6/2022).

    BACA JUGA: Hari LH Sedunia 2021, Pemkot Bandung Gelar Uji Emisi Gratis

    Kendaraan yang sudah melakukan uji emisi, kata dia, akan diketahui performa mesinnya dan tingkat kadar buangan hasil pembakaran mesin. Ada 73 mobil yang melakukan tes emisi di Alun-alun Ciamis.

    “Dari 73 unit mobil yang melakukan uji emisi ini, dua kendaraan di antaranya belum memenuhi kriteria kelulusan uji emisi. Uji emisi ini dilakukan dua kali selama satu tahun,” kata dia.

    Menurut dia, ada banyak faktor yang membuat kendaraan gagal lulus uji emisi, di antarnaya karena buangan angin atau setelan angin dari kendaraan tersebut terlalu besar. sehingga pembuangan angin dan bensin banyak.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta Disdik Masukan Kurikulum Sejarah Leluhur

    Lebih lanjut dia mengimbau agar pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan cek uji emisi secara berkala agar terhindar dari polisi udara yang sangat tebal. Hal itu sesuai dengan program Dishub yakni langit biru di tatar Galuh Ciamis.

    (Fauza/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img