spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    KBRI Bern Umumkan Penemuan Jasad Eril

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern, Swiss, mengumumkan kabar terbaru soal penemuan jasad putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), oleh pihak Kepolisian Bern.

    Mendampingi paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad menuturkan, bersama keluarga almarhum Eril, pihaknya telah bertemu dengan kepolisian kantor Bern di kantor KBRI Bern.

    Dalam pertemuan itu, kepolisian kantor Bern menyampaikan informasi awal mengenai penemuan jasad diduga Eril, di Bendungan Engehalde, Bern, pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB.

    Muliaman menyebutkan, sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad  itu adalah Eril.

    “Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss, pihak kepolisian konfirmasi bahwa jasad itu adalah almarhum ananda Eril,” kata Muliaman dalam press briefing, Kamis (9/6/2022) malam.

    Hal ini lanjut dia, Kepolisian Bern sudah menyampaikan secara official, melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 waktu Swiss.

    Sesuai prosedur hukum yang berlaku di Swiss kata Muliaman, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas ke pengadilan kantor Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril.

    “Sekitar dua jam lalu, pihak pengadilan telah memberikan kewenangan bagi keluarga almarhum Eril yang saat ini berada di Bern, untuk menerima jasad Eril,” ujarnya.

    BACA JUGA: Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Swiss

    Muliaman menegaskan, KBRI Bern memastikan bahwa penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim, terpenuhi sesuai syariat Islam.

    “KBRI akan terus mendampingi keluarga almarhum, dalam rangka persiapan dan proses pengurusan repatriasi Eril ke Tanah Air hingga tiba di Bandara Soekarno Hatta,” ucapnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img