spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Tim Basket 3×3 Kota Bandung Kawinkan Juara Pra Event Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung berhasil mengawinkan gelar juara pada Pra Event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat3×3 Basketball Competition‘ usai menekuk lawan-lawannya di babak final yang digelar di GOR Laga Tangkas, komplek SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (5/6/2022). Tim putri Kota Bandung mengalahkan Kabupaten Bogor dengan skor 15-13 dan tim putra menekuk Kota Cirebon dengan skor 21-10.

    Tim putri Kota Bandung berhasil melaju ke babak semifinal usai mengalahkan Kota Bekasi dengan skor tipis 17-11. Sedangkan Kabupaten Bogor mencukur tim putri Kota Cirebon dengan skor 13-5.

    Di kelompok putra, Kota Bandung melaju ke partai puncak usai mengalahkan Kabupaten Kuningan dengan skor telak 21-9. Dan Kota Cirebon mengalahkan Kota Bekasi dengan skor yang sama 21-9.

    Sementara untuk peringkat ketiga di kelompok putra dan putri, diraih tim tim 3×3 Kota Bekasi. Tim putra Kota Bekasi yang mengalahkan Kabupaten Kuningan dan tim putri mengalahkan Kota Cirebon.

    BACA JUGA: HUT Ciamis Ke-380, Bupati Ingin Semua Warga Ikut Memeriahkan

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar Perbasi 3x3
    tim putri 3×3 Kota Bandung (biru) meraih gelar juara pada Pra Event Porprov XIV Jabar ‘3×3 Basketball competition’. (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Barat, Epriyanto mengaku cukup bangga dengan antusiasme kota dan kabupaten yang mengikuti gelaran pra event. Dari 27 kota dan kabupaten di Jabar, sebanyak 23 daerah ikut mengirimkan perwakilannya di ajang pra event kali ini.

    “Antusias dari kota dan kabupaten sangat bagus dan ini sebuah prestasi yang baik. Harapannya semua kota dan kabupaten di Jabar bisa ikut, tapi kan ada kendala baik karena anggaran atau atlet. Kita berharap di event kedepan semua daertah bisa ikut karena di pra event Porprov XIV Jabar ini setiap daerah yang ikut mempersiapkan tim dengan cukup baik sehingga yang juara ini merupakan yang terbaik,” kata Epriyanto.

    Untuk saat ini, kata Epriyanto, atlet yang bermain pada gelaran kali ini masih bercampur antara atlet bola basket 3×3 dengan bola basket 5×5. Beberapa daerah yang gagal meloloskan timnya ke Porprov XIV Jabar di nomor bola basket 5×5, mendaftarkan atlet-atletnya di nomor bola basket 3×3.

    “Ke depan, kita akan spesialisasikan antara atlet 3×3 dan 5×5. Jadi atletnya berbeda. Semoga saja atlet di bola basket 3×3 ini berbeda dengan yang 5×5,” dia menambahkan.

    Pihaknya pun membuka kesempatan bagi semua masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi sebagai atlet bola basket di Jabar. Baik di kategori 3×3 maupun 5×5. Untuk bisa masuk sebagai bagian dari atlet di Perbasi Jabar, setiap atlet maupun klub harus masuk melalui pengcab-pengcab Perbasi di kota dan kabupaten masing-masing.

    Namun yang harus dipisahkan, kata dia, antara atlet 3×3 prestasi dengan atlet eksebisi. Atlet 3×3 eksebisi akan tetap menjadi bagian dari turnamen-turnamen bola basket 3×3 kedepan, meski bukan menjadi yang utama.

    “Olahraga bola basket 3×3 ini bisa menjadi trendsetter baru karena dari sisi orang yang tidak terlalu banyak, lapangan yang tidak menyita banyak ruang, serta dari sisi biaya pun tidak terlalu besar. Jadi olahraga ini bisa populer tidak hanya di Amerika Serikat tapi juga di Indonesia, khususnya Jabar,” kata dia.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar Perbasi 3x3
    Tim putra 3×3 Kota Bandung (biru) meraih gelar juara pada Pra Event Porprov XIV Jabar ‘3×3 Basketball competition’. (FOTO: Ageng)

    Sementara untuk persiapan pertandingan Porprov XIV Jabar yang akan digelar di Kabupaten Garut, Epriyanto mengaku sudah membentuk tim monitoring dan evaluasi. Tim tersebut bertugas untuk memantau sejauh mana persiapan Kabupaten Garut sebagai tuan rumah pelaksana pertandingan bola basket di kategori 5×5 maupun 3×3.

    “Tapi saya melihat kesungguhan dari Garut sudah sangat baik dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pelaksana pertandingan. Memang ada sedikit gangguan dan itu bukan masalah berarti yang berarti sehingga pada bulan November 2022 nanti bisa benar-benar siap digelar pertandingan dengan lapangan yang sesuai dengan standar,” Epriyanto menegaskan.

    Gelaran Pra Event Porprov XIV Jawa Barat ‘3×3 Basketball Competition’ diikuti oleh 38 tim putra dan putri. Dengan rincian, 21 tim bola basket 3×3 di kelompok putra dan 17 tim di kelompok putri.

    Ajang ini menjadi syarat bagi setiap kota dan kabupaten untuk bisa tampil di ajang Porprov XIV Jabar karena di cabang bola basket 3×3 ini tidak digelar babak kualifikasi. Jadi kota dan kabupaten yang tidak mengirimkan perwakilan tim, baik putra maupun putri, pada 3×3 Basketball Competition ini tidak bisa tampil di Porprov XIV Jabar pada November 2022 nanti.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img