spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Menpora Sebut UPI Cocok Sebagai Lokasi TC Timnas Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, pengurus PSSI, bersama pelatih Shin Tae-yong melakukan peninjauan langsung ke stadion UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Senin (30/5/2022). Fasilitas olahraga di UPI dinilai sangat cocok sebagai lokasi pemusatan latihan (Training Center, TC) timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

    Menpora Zainudin Amali mengatakan, keputusan menjadikan UPI menjadi lokasi TC bagi timnas Indonesia merupakan tindak lanjut dari penetapan UPI sebagai salah satu sentra pembinaan olahraga yang tercakup dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Cabang olahraga sepak bola sendiri merupakan cabang olahraga yang masuk dalam konsep sport industry bersama bola voli dan bola basket dalam kerangka besar DBON.

    “Sebelumnya karena memang ada kebutuhan dari PSSI untuk segera mendapatkan lokasi TC bagi persiapan timnas. Lalu saya mengusulkan ke PSSI dan coach Shin Tae-yong di UPI, kemudian dilakukan peninjauan hari ini. Ternyata cocok dan pihak UPI pun sangat menyambut baik,” kata Menpora Zainudin Amali saat ditemui usai pemantauan di kampus UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Senin (30/5/2022).

    Menpora menambahkan, keberadaan lapangan sepakbola serta fasilitas pendukung menjadikan UPI sangat sesuai dengan kebutuhan timnas Indonesia untuk bisa berlatih dengan baik. Meski demikian, beberapa hal masih harus diperbaiki sehingga sesuai dengan standar yang diinginkan oleh coach Shin Tae-Yong.

    “Salah satunya lapangan yang belum memenuhi standar FIFA. Nanti yang kurang-kurang akan ada perbaikan, jadi pelaksanaan TC timnas di UPI menunggu perbaikan,” kata dia.

    BACA JUGA: 224 Ribu Balita di Garut jadi Sasaran BPS

    fokusjabar.id Menpora UPI
    Menpora Zainudin Amali, pengurus PSSI, dan pelatih timnas Shin Tae-yong berfoto bersama Rektor UPI Solehuddin dan jajaran usai melakukan peninjauan, Senin (30/5/2022). (FOTO: Ageng)

    Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto menambahkan, kebutuhan TC bagi timnas bener-bener dibutuhkan dalam waktu secepatnya. Hal ini sesuai dengan permintaan dari pelatih Shin Tae-yong.

    “Keinginan PSSI maupun coach Shin Tae-yong mendapatkan lokasi untuk TC disambut Pak Menteri (Zainudin). Dan UPI ini kan tidak terlalu jauh dari Jakarta lalu memiliki lapangan serta fasilitas pendukung lain seperti penginapan, gym, hingga fasilitas sport science,” kata Iwan.

    Selain itu, lanjut dia, UPI pun bisa menjadi pilihan lokasi homeground bagi timnas U-20 untuk menghadapi gelaran Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 nanti jika bertanding di stadion si Jalak Harupat. “Indonesia kan sudah dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 di empat kota berbeda, yang salah satunya Bandung. Jadi kalau babak penyisihan digelar di Bandung, kita bisa jadikan UPI sebagai homeground bagi timnas U-20,” Iwan menegasakan.

    Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui jika UPI sangat cocok menjadi lokasi TC bagi anak asuhnya melakukan latihan. Kondisi dan suasana di UPI sangat mendukung bagi pelaksanaan latihan timnas lebih baik lagi.

    “Lapangan sudah ada, meski harus diperbaiki terlebih dulu. Fasilitas pendukung pun sangat lengkap disini, mulai dari gym, asrama, fasilitas sport science, dan fasilitas lainnya. Saya sudah bicara banyak soal ini dengan Menpora dan PSSI,” Shin Tae-yong menuturkan.

    fokusjabar.id Menpora UPI
    Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai memantau langsung lapangan sepakbola UPI dan fasilitas pendukung. (FOTO: Ageng)

    Shin Tae-yong menambahkan, para pemain timnas Indonesia memiliki kemampuan individual yang sangat baik. Dengan pelaksanaan TC di UPI, maka kemampuan para pemain bisa ditingkatkan.

    “Disini (UPI) kita bisa berlatih terus menerus. Termasuk untuk meningkatkan kemampuan individu dari setiap atlet karena fasilitas pendukung di UPI sangat lengkap,” Shin Tae-yong menegaskan.

    Sementara Rektor UPI, Solehuddin mengaku sangat bersyukur dan bangga jika fasilitas olahraga di UPI menjadi lokasi TC bagi timnas. Sebagai universitas yang memiliki Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), UPI akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan segalanya.

    “Untuk perbaikan lapangan, saat Pak Menpora minta untuk diperbaiki maka kita akan langsung perbaikan. Setidaknya akan butuh waktu sekitar empat bulan untuk perbaikan lapangan karena harus mengganti rumput,” kata Solehuddin.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img