spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Air Sungai Cimeta KBB Merah Diduga Akibat Limbah

    KBB,FOKUSJabar.id: Warna Air di Sungai Cimeta yang berada di kawasan Tagogapu dan Campakamekar Padalarang Kabupaten Bandung (KBB) Jawa Barat, berubah menjadi merah seperti darah, Senin (30/5/2022). 

    Warga sekitar Campakamekar melaporkan kejadian tersebut kepada Babinsa sekitar Pukul 07.00 WIB. Petugas pun langsung terjun kelapangan melihat kondisi air sungai yang merah yang menggegerkan warga sekitar.

    Dilansir dari Sindonews.com hingga saat ini Petugas Babinsa masih menelusuri penyebab aliran air sungai menjadi merah. 

    BACA JUGA: Pelajar SMA di Ciamis Ditemukan Tergelatak Di Pinggir Jalan Cirahong

    Babinsa Campakamekar, Serka Nana Herdiaaman mengatakan, pihaknya bersama Satgas Citarum Harum menelusuri penyebab air sungai yang berubah menjadi merah. Namun dugaan awal sungai tercemar oleh limbah pewarna kain yang dibuang ke sungai.

    “Kami masih telusuri titik awalnya dan dipastikan penyebabnya, karena berubahnya warna air sungai ini terjadi sepanjang kira-kira dua kilometer,” kata dia. 

    Sementara menurut warga sekitar, kejadian berubahnya warna air Sungai Cimeta menjadi merah darah baru kali ini terjadi. Kalaupun pernah berwarna kecoklat-coklatan, itupun jika sudah turun hujan deras imbas dari tanah dan lumpur yang masuk ke sungai. 

    “Kejadian kaya gini baru sekarang terjadi, saya tahunya baru tadi pagi pas mau pergi ke pasar,” kata Ani Mulyani (42), warga Kampung Cikurutug, RT 03/07, Desa Tagongapu, Padalarang, KBB Dilansir dari Sindonews.com.

    BACA JUGA: Jokowi Telpon Ridwan Kamil, Beri Dukungan Untuk Pencarian Eril

    Seperti diketahui warga di sekitar aliran Sungai Cimeta khususnya di Desa Tagogapu dan Campakamekar, Padalarang, dikagetkan dengan berubahnya warna air sungai menjadi merah darah. Perubahan yang tidak biasa dan tiba-tiba ini diduga karena ada limbah yang sengaja dibuang dihulu sungai.

    Berita Terbaru

    spot_img