spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    SOIna Jabar Siap Sukseskan PeSONas I

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat siap untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pekan Spesial Olimpyc Nasional (PeSONas) I yang akan digelar di Jateng, 3-8 Juli 2022. Gelaran ini diinisiasi Special Olympic Indonesia (SOIna).

    Sekretaris Umum SOIna Jabar, Nandang Saptari mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi multieven olahraga bagi penyandang disabilitas intelektual. Salah satunya dengan melakukan seleksi bagi atlet yang akan menjadi wakil Jabar.

    “Pelaksanaan seleksi sudah digelar mulai dari tingkat kota dan kabupaten. Saat ini, sudah ada 16 pengcab SOIna kota/kabupaten di Jabar,” kata Nandang saat ditemui di sekretariat SOIna Jabar, komplek SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Kota Bandung, Sabtu (21/5/2022).

    Untuk menghadapi PeSONas I, Nandang mengaku sudah menyiapkan sekitar 126 atlet. Mereka akan berlaga di 10 cabang olah raga yang dipertandingkan.

    “Selain itu, kita juga menyiapkan peserta untuk mengikuti pertandingan di cabang seni budaya. Total kontingen yang kita siapkan mencapai 200 orang, termasuk pelatih dan pendamping,” Nandang menjelaskan.

    Pada gelaran PeSONas I, SOIna Jabar menargetkan untuk meraih prestasi terbaik yakni juara umum. Beberapa cabang olah raga akan menjadi andalan kontingen SOIna Jabar.

    “Kita punya atlet sepak bola yang baru saja meraih prestasi di ajang 1st SO Asia Pasific Virtual Unified Football Competition 2021. Termasuk beberapa atlet andalan di cabang olahraga lain,” kata dia.

    Selain mempersiapkan kontingen, Jabar pun akan menjadi salah satu lokasi tempat singgah Kirab Obor PeSONas I. Rencananya, kirab obor tersebut akan singgah di wilayah Jabar pada Minggu (22/5/2022).

    “Besok, rencananya obor PeSONas I akan tiba di Jabar dan akan diinapkan selama enam hari. Kita masih berkoordinasi, apakah akan disimpan di komplek Gedung Sate atau komplek SPOrT Jabar. Kami akan ikut sukseskan gelaran PeSONas I ini,” Nandang menegaskan.

    BACA JUGA: Cabor Esport Buka Gelaran Piala Gubernur Jabar 2022, Total Hadiah Rp500 Juta Lebih

    PeSONas adalah ajang dimana anak-anak bertalenta khusus mendapat tempat untuk mengembangkan diri, antara lain di bidang olah raga. Rencananya, atlet berprestasi di PeSONas akan diikutsertakan dalam acara Special Olympic 2023 yang akan digelar di Berlin, Jerman.

    PeSONas I akan mempertandingkan 12 cabang olahraga. Yakni atletik, bulutangkis, boccee, bola basket, bola voli, bola tangan, dance sport, futsal, tenis meja, sepak bola, senam ritmik, dan renang.

    Selain itu, PeSONas pun akan menggelar kegiatan non olah raga. Diantaranya Kongres Nasional Keluarga & Pemuda SOIna, program pelatihan kepemimpinan para atlet, jaringan dukungan keluarga, seni budaya, dan revolusi inklusi.

    PeSONas akan menjadi ajang pesta anak-anak bertalenta khusus yang aman, nyaman, guyub, rukun, dan bahagia. Dengan tema besar ‘Akulah Bintang’, PeSONas I akan diikuti 2.000 atlet dari 34 provinsi yang akan berlaga di 12 cabang olah raga.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img