spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Polres Ciamis Turun Tangani Hewan Ternak

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Personel Polsek Cikoneng Polres Ciamis melakukan pengecekan hewan ternak seperti kambing, domba dan Sapi di Dusun Ciherang, Desa Sukasenang, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

    Pengecekan tersebut dilaksanakan oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Sukasenang Aiptu Nandang Rahman. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan hewan ternak di wilayah Kabupaten Ciamis khususnya di Desa Sukasenang tidak terpapar wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

    BACA JUGA: PMK Hantui Penjualan Daging Sapi di Pasar Singaparna

    Kapolsek Cikoneng Kompol Ipin Tasripin mengatakan, pengecekan yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas di tempat penggemukan hewan ternak kambing, domba merupakan bagian dari upaya Polri termasuk Polres Ciamis mendukung Pemerintah dalam pencegahan meluasnya wabah PMK. Sehingga ketika mengetahui ada yang terindikasi wabah itu bisa segera ditangani agar tidak meluas di Kabupaten Ciamis.

    “Total ada 6 ekor kambing yang melakukan proses penggemukan. Semua hewan ternak itu dalam keadaan kondisi sehat dan tidak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku,” katanya.

    Kendati, Ipin berpesan kepada para pemilik peternakan hewan ternak untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan meluasnya wabah PMK. Salah satunya yakni dengan berani meminta bantuan penanganan pencegahan berupa suntik vaksin PMK jika ada hewan ternaknya yang kurang sehat dan lain sebagainya.

    BACA JUGA: Wabah PMK Pengaruhi Harga Daging Sapi Di Ciamis

    “Jangan takut untuk melaporkan kepada petugas di lapangan, khususnya anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cikoneng. Kami siap membantu untuk menjadi penghubung warga dengan Dinas terkait dalam penanganan wabah PMK pada hewan ternak. Polri bersinergi dengan pemerintah untuk mengentaskan permasalahan wabah PMK khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img