Warga Desa Rejasari Kota Banjar Segera Nikmati Air Bersih

0
45
Kota Banjar
PDAm Tirta Anom melakukan sosialisasi dan jajak pendapat terkait sambungan rumah (SR) gratis. (Foto: Budiana Martin)

BANJAR,FOKUSJabar.id: Warga Desa Rejasari, Kecamatan Langensari Kota Banjar, Jawa Barat menyambut baik rencana program pemasangan Sambungan Rumah (SR) gratis.

Pasalnya, warga di bagian timur Kota Idaman itu masih banyak yang kesulitan mendapatkan air bersih lantaran kurangnya sumber air di wilayah tersebut.

Seorang warga Dusun Sampih, Desa Rejasari Samijan mengaku di wilayahnya itu kekurangan sumber air. Dia mengatakan selama ini dirinya mendapatkan air dari Sumur besar milik tetangganya.

BACA JUGA: PMK Serang Hewan Ternak di Kota Banjar

“Tapi kalo di sumur besar terkadang airnya itu bau comberan,” katanya saat ditemui FOKUSJabar. Sabtu (14/5/2022).

Ketua RT 3 RW 7 Dusun Sampih, Susanto mengatakan saat ini Pemerintah Kota Banjar berencana akan memasang SR gratis agar warganya bisa mendapatkan saluran air bersih.

“Alhamdulillah kekurangan sumber air ini akan segera teratasi oleh rencana pemasangan SR gratis oleh PDAM dan kami sangat menyambut baik apalagi pemasangannya itu tidak dikenakan biaya,” kata dia.

Sementara dikatakan Direktur PDAM Tirta Anom Kota Banjar E. Fitrah Nurkamilah melalui Kepala UP Langensari, Arief mengatakan saat ini pihaknya tengah mensosialisasikan rencana program pemasangan SR gratis di wilayah Kecamatan Langensari.

Dia mengatakan pemasangan sambungan rumah gratis tahun ini akan dicover oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Kementerian PUTR. Arief menyebutkan program yang akan diajukannya ini berjumlah 500 SR.

“Program ini akan dicover oleh Kementerian PUTR, Jadi masyarakat tidak dikenakan biaya untuk pemasangan SR nya. Biasanya untuk pemasangan sambungan rumah ini dikenakan biaya Rp 1,2 juta,” kata dia.

Arief mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi dan pendataan kepada warga di Kecamatan Langensari.

Data yang sudah akomodir dari November 2021 dan diakui PU itu untuk Langensari ada 212 SR, kemudian di Bojongkantong ada 148 dari target 300 SR dan ada tambahan lagi selama tiga hari terakhir ini sebanyak 115 SR.

“Untuk targetnya inshaa allah akan tercapai,” katanya.

BACA JUGA: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berkontribusi Sebesar Rp 5 M Untuk Negera

Selain itu, Arief mengatakan di wilayah Kecamatan Langensari ini sudah ada 951 pelanggan aktif air bersih yang disuplai dari intake Bantardawa yang mulai dioperasikan pada tahun 2010 lalu.

“Intake Bantardawa ini memiliki kapasitas 20 liter per detik,” kata dia.

(Budiana Martin/Anthika Asmara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini