Subuh Akbar Hijrah dari Masjid Agung Garut ke Teras Cimanuk

0
65
subuh akbar fokusjabar.id

GARUT,FOKUSJabar.id: Bagi masyarakat Garut Jawa Barat (Jabar), Subuh Akbar sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, kegiatan menunaikan shalat Subuh berjamaah tersebut rutin dilakukan di masjid Agung Alun-alun Garut (Jalan Ahmad Yani).

Kini, kegiatan Subuh Akbar yang dilaksanakan setiap hari Minggu (Ahad) ini hijrah dari Masjid Agung ke Masjid Teras Cimanuk, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul.

Ketua Subuh Akbar, Husen Mubarok mengatakan, hijrahnya dari Masjid Agung ke Masjid Teras Cimanuk mengacu pada sunnatullah dan mentauladani sunnah Rasul dalam syiar Islam. Yakni dari Kota Mekah hijrah ke Kota Madinah.

subub akbar fokusjabar.id
Ketua Subuh Akbar, Husen Mubarok

BACA JUGA: 13 Ribu Pegawai Pemkab Garut Test Swab Antigen

“Sejak hijrah dari Mekah ke Madinah, 2/3 masyarakat dunia memeluk agama Islam,” terang Husen Mubarok melalui sambungan telpon, Sabtu (14/5/2022).

Harapannya, dengan berhijrah Subuh Akbar dari masjid Agung ke masjid Teras Cimanuk dapat lebih meningkatkan jamaah untuk melaksanakan/menunaikan shalat Subuh berjamaah.

Intansurullaha yansurkum, wayusabbit aqdamakum. Barang siapa menolong agama  Allah, maka Allah SWT akan menolong dan meneguhkan kedudukannya.’

Dia juga berharap, dengan terbukanya pihak Teras Cimanuk sebagai Anshor dan Yayasan Subuh Akbar sebagai Muhajirin semoga Nusrotullah (pertolongan Allah) diturunkan.

“Mudah-mudahan Teras Cimanuk menjadi destinasi wisata kuliner terfavorit di Kabupaten Garut,” imbuhnya.

Tak hanya itu, shalat berjamaah bukan hanya dilaksanakan di waktu awal (subuh), tetapi dapat membiasakan melaksanakan shalat lima waktu secara berjamaah seperti di masjid Nabawi dan Masjidilharrom.

Selain menyerukan shalat Subuh berjamaah, Yayasan Subuh Akbar juga mengagendakan membuka pangkas rambut gratis. Mereka yang hendak dipangkas ramburnya cukup membayar dengan melafalkan surat dan ayat dalam Al-Quran.

Stand pangkas rambut gratis tersebut akan sediakan di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

BACA JUGA: Gubernur Jabar Minta Lurah dan Kades Ajak Warga Shalat Subuh Berjamaah

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Garut, khususnya yang berada di daerah perkotaan memakmurkan masjid dengan Salat Subuh berjamaah (setiap Ahad) di Masjid Teras Cimanuk.

“Berawal dari Subuh Akbar ini, mudah-mudahan menjadi wasilah terwujudnya negeri yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur,” pungkasnya.

(Bambang Fouristian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini