Siswa Bertumbangan Saat Upacara Hardiknas Di Ciamis

0
83
Upacara Hardiknas
Belasan siswa berjatuhan saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Ciamis. (Foto: Fauza)

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Belasan siswa pingsan mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Pendopo Bupati Ciamis, Jumat (13/5/2022).

Pantauan di lokasi, belasan siswa tersebut pingsan saat sambutan upacara hardiknas sedang dilangsungkan. Kemudian belasan siswa yang pingsan itu diduga karena tidak sarapan pagi ditambah dengan panasnya terik matahari.

Satu persatu siswa yang pingsan mulai dibopong ke tepi pendopo oleh petugas kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA: Bupati Ciamis Minta Warga Jalankan Prokes dan PHBS

“Itu sudah biasa sih karena kondisi matahari yang cukup panas ditambah kondisi tubuh yang kurang baik rata-rata mereka pusing, lemas, dan keluar keringat dingin,” kata Megi staf pelayanan masyarakat PMI Ciamis.

Megi mengatakan bahwa belasan siswa yang terjatuh pingsan langsung diberikan pertolongan pertama sebagaimana prosedur pengobatan yang diterapkan.

“Kita langsung bawa ke tempat yang teduh, kita kasih oksigen dan melonggarkan pakaian yang mengikatnya supaya oksigennya kembali masuk lagi, karena penyebab pingsan itu kekurangan oksigen,” kata dia.

Sebagian besar siswa yang jatuh pingsan merupakan siswa Sekolah Dasar (SD). Namun selain siswa SD ada juga siswa SMP dan SMA yang tak sadarkan diri.

Menurutnya Megi, tidak ada siswa yang luka-luka akibat terjatuh pingsan pasalnya, lanjut dia, petugas PMI sudah siap siaga untuk mengantisipasi hal tersebut.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Wujudkan Rumah Layak Huni Untuk Mak Esih

“Ada 17 siswa yang pingsan saat upacara diantaranya 12 orang siswa SD, 4 SMP dan 1 SMA kita juga udah siap soalnya tanda-tanda orang mau pingsan sudah kelihatan,” kata dia.

(Fauza/Anthika Asmara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini