Kadisnakan Ciamis Pastikan Stok Daging Sapi Pascalebaran Aman

0
52
dagig sapi
Kadisnakan Ciamis Pastikan Stok Daging Sapi PascaLebaran Aman

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Peternakan (Disnakan) Kabupaten Ciamis Syarif Nurhidayat memastikan stok daging sapi pascalebaran aman. Pihaknya pun menjamin daging yang dijual di wilayah Ciamis layak konsumsi.

Demikian disampaikan Syarif menyusul telah dilakukanya Anti Mortem-Post Mortem (AMPM) kepada para peternak hewan sapi hingga melakukan pengawasan ke setiap tempat pengolahan daging.

Anti Mortem merupakan langkah identifikasi. Dalam hal ini Disnakan Ciamis melakukan identifikasi ke setiap peternak mengenai kelayakan sapi untuk disembelih.

BACA JUGA: Harga Daging Sapi dan Ayam Di Ciamis Naik

Sementara Post Mortem merupakan langkah identifikasi organ sapi pasca disembelih. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh untuk meninjau kelayakan daging yang akan diperjual belikan. Hal itu merupakan langkah Disnakan dalam menjaga mutu kualitas peredaran daging di wilayah Ciamis agar layak dikonsumsi.

“Kita lakukan AMPM seminggu sebelum hari raya Idul Fitri untuk menjaga kualitas daging sapi yang diperjual belikan. Juga untuk memantau jumlah stok daging di Wilayah Ciamis,” kata Syarif Selasa (10/5/2022).

Syarif mengungkapkan, memang Idul Fitri tahun ini diprediksi akan terjadi lonjakan. Mengingat membludaknya jumlah masyarakat yang mudik ke kampung halaman.

Dari hasil pantauan Disnakan untuk stok daging sapi pasca Idul Fitri sebanyak 56,81 ton sementara kebutuhan masyarakat ada di kisaran 52,86 ton.

“Meski terjadi lonjakan kebutuhan, Insyaalloh untuk stok daging sapi di Ciamis aman. Jikapun ada lonjakan kebutuhan dari masyarakat kita sudah konfirmasi para pemasok daging sapi siap mengcovernya,” ungkap Syarif.

(Riza M Irfansyah/LIN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini