spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Thomas & Uber Cup 2022, Indonesia Raih Kemenangan Perdana

    THAILAND,FOKUSJabar.id: Hasil manis diraih tim Indonesia pada laga perdana babak penyisihan grup Thomas & Uber Cup 2022 yang dihelat di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (8/5/2022) waktu setempat. Tim Uber Indonesia menggilas Perancis dengan kemenangan 5-0 dan tim Thomas Indonesia mengalahkan Singapura 4-1.

    Pada babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022, Indonesia menurunkan skuad muda 17-21 tahun. Bahkan semua pemain yang turun merupakan debutan di ajang Uber Cup 2022.

    Di partai tunggal, Indonesia menurunkan Komang Ayu Cahya Dewi, Aisyah Sativa Fatetani, dan Bilqis Prasista. Sedangkan di partai ganda, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari akan menjadi andalan Indonesia.

    Komang yang turun di partai pertama, berhasil lepas dari tekanan dan memenangkan pertandingan. Komang mengalahkan tunggal pertama Perancis, Qi Xuefei melalui rubber game 22-20, 19-21, 21-18.

    fokusjabar.id Thomas Uber Cup 2022
    Komang Ayu Cahya Dewi. (FOTO: bwfthomasubercups.bwfbadminton.com)

    “Saya sempat tegang, terutama setelah unggul dan dikejar lawan. Saya selalu panik dan gampang kehilangan banyak angka. Itu kelemahan saya. Saya lebih senang mengejar dan sering malah dapat angka,” kata Komang Ayu seperti dilansir kompas.com, Minggu (8/5/2022).

    Pada partai kedua, skuad Indonesia memperlebar jarak menjadi 2-0 usai Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menekuk Vimala Heriau/Margot Lambert dengan skor 21-13, 27-25. Skuad Indonesia pun memastikan kemenangan atas Perancis, usai tunggal putri kedua Aisyah Sativa Fatetani mengalahkan Leonice Huet melalui rubber game 12-21, 21-13, 21-15.

    Unggul 3-0 atas Perancis, tidak lantas membuat skuad Indonesia melepas dua partai berikutnya. Ganda kedua Indonesia, Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari kembali memberikan angka kemennagan usai mengalahkan ganda putri Perancis Flavie Vallet/Emilie Vercelot, 21-14, 21-11. Ditutup dengan kemenangan tunggal putri ketiga Indonesia, Bilqis Prasista yang mengalahkan Yaelle Hoyaux dengan skor 17-21, 21-14, 21-18 di partai kelima dan memastikan Indonesia menang 5-0 atas Perancis.

    Kemenangan pada laga pertama Uber Cup 2022 ini menjadi sangat berharga dan berkesan skuad Indonesia. Terlebih bagi ganda putri Lanny Tria Mayasari yang menjalani debutnya di partai keempat bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-20.

    “Senang bisa menang, apalagi hari ini ulang tahun saya. Semoga saya bisa memperoleh kado terbaik dari ajang ini,” kata Lanny.

    fokusjabar.id Thomas Uber Cup 2022
    Ganda putri Indonesia, Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. (FOTO: WEB)

    Terlepas hasil yang diraih Indonesia atas Perancis, kemenangan di tiga tunggal putri harus dicapai dengan susah payah. Pemain tunggal putri Indonesia harus bermain tiga gim atau rubber game.

    Manajer tim Hendro Santoso menyebut, faktor pengalaman menjadi alasan. Pasalnya, pemain yang turun ini gugup pada debutnya di Uber Cup 2022.

    “Benar, saya melihat para pemain begitu tegang, nervous, dan dalam tekanan. Namun saya salut kepada mereka yang akhirnya bisa keluar dari tekanan dan mampu memenangi pertandingan. Ini pelajaran penting yang bisa dipetik dari laga pembuka Piala Uber,” kata Hendro Santoso.

    Tim Uber Indonesia akan kembali menjalani laga keduanya pada babak penyisihan Grup A pada Selasa (10/5/2022) pagi waktu setempat. Lawan yang akan dihadapi Komang Ayu Cahya Dewi cs yakni tim Jerman.

    BACA JUGA: Soal GBLA, Manajemen Persib Larang Bobotoh Demo

    Thomas Cup 2022
    Sementara tim putra Indonesia pun berhasil memetik kemenangan di laga pertama pada babak penyisihan Grup A Thomas Cup 2022. Singapura menjadi korban pertama Jonatan Christie dan kolega.

    Skuad Indonesia sebenarnya harus tertinggal lebih dulu usai tunggal putra pertama, Anthony Sinisuka Ginting harus mengakui keunggulan wakil Singapura, Loh Kean Yew. Bertanding di Lapangan 2 Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (8/5/2022), Ginting gagal menyumbangkan angka usai kalah 13-21 dan 14-21 sehingga Indonesia tertinggal 0-1 ats Singapura.

    “Saya kecewa tidak bisa mempersembahkan angka pertama dalam pertandingan lawan Singapura di Piala Thomas. Saya sudah mencoba yang terbaik dan memberikan hasil yang maksimal. Semoga kekalahan saya tidak membuat rekan-rekan kehilangan semangat, justru sebaliknya,” kata Ginting.

    fokusjabar.id Thomas Uber Cup 2022
    Anthony Sinisuka Ginting. (FOTO: WEB)

    Harapan tersebut diwujudkan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di partai kedua menghadapi Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean. Fajar/Rian pun menyumbang angka pertama sekaligus menyamakan kedudukan 1-1, usai menang dengan skor 21-14, 19-21, dan 21-12.

    “Saya tidak terpengaruh dengan kekalahan Ginting di partai pertama. Kami fokus ke penampilan diri sendiri untuk bisa memenangi pertandingan. Apalagi, dari awal, saya selalu ingin berusaha untuk menyumbangkan poin bagi Indonesia,” Rian menegaskan.

    Skuad Indonesia pun berbalik unggul 2-1 atas Singapura setelah merebut partai ketiga. Adalah Jonatan Christie yang menjadi pembalik keadaan usai mengalahkan Jia Heng Jason Teh dengan skor 21-19 dan 21-13.

    fokusjabar.id Thomas Uber Cup 2022
    Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (FOTO: WEB)

    Di partai keempat, ganda putra kedua Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menambah keunggulan menjadi 3-1. Fikri/Bagas berhasil mengalahkan ganda putra Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Jun Liang Andy Kwek dua gim langsung 24-22 dan 21-14.

    Kemenangan tim Thomas Indonesia atas Singapura pun digenapkan menjadi 4-1 oleh tunggal ketiga Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito. Dalam waktu 35 menit, Rhustavito mampu menyudahi perlawanan wakil Singapura, Jia Wei Joel Koh dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-7.

    Tim Thomas Indonesia akan kembali menjalani laga keduanya pada babak penyisihan Grup A pada Senin (9/5/2022) malam waktu setempat. Lawan yang akan dihadapi Anthony Sinisuka Ginting dan kolega yakni Thailand.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img