spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Mantap, Warga Binaan Lapas IIB Banjar Pamerkan Hasil Karya di Festival Ramadhan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Berada di balik jeruji besi atau lembaga pemasyarakat (lapas), bukan berarti tidak dapat berkarya. Hal ini diperlihatkan warga binaan Lapas Kelas IIB Kota Banjar di acara Kadin Festival Ramadhan 2022.

    Mereka ikut serta memamerkan produk hasil karyanya dalam festival yang bertujuan menggenjot pertumbuhan ekonomi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Idaman.

    Kepala Lapas Kelas IIB Banjar, Muhammad Maulana melalui Kasubsi Bimbingan dan Kegiatan Kerja, Dony mengatakan, pihaknya turut serta meramaikan acara Kadin Festival Ramadhan 2022 dengan tujuan memperkenalkan hasil karya warga binaan Lapas IIB Banjar.

    Ada beberapa produk hasil karya warga binaan yang diperkenalkan dan dijual di stand Lapas Kelas IIB Banjar. Diantaranya Sayuran (Saosin, Kangkung, Terong), Kaos Sablon, Buah (Pisang, Labu), Piring lidi, Kerajinan kayu (Ukiran, Rumah Pohon), dan Kerajinan kertas (Motor, becak).

    “Selain itu, pada kesempatan ini kami juga menggelar bakti sosial dengan membagikan takjil untuk berbuka puasa kepada masyarakat. Hidangan takjil ini pun merupakan hasil masakan warga binaan,” kata Dony kepada awak media, Minggu (24/4/2022).

    Dia berharap, keikutsertaan warga binaan dalam kegiatan ini bisa menjadikan suatu hal yang positif. Selain kitu, bisa menjadi informasi bagi masyarakat akan riuh kehidupan narapidana dibalik jeruji besi.

    Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui jika narapidana dibina untuk bertanggung jawab agar bisa melakukan hal yang positif saat hadir di tengah masyarakat saat keluar.

    “Jeruji besi bukanlah penghalang untuk berkreativitas dan berkarya. Kami membina warga binaan supaya mereka bisa mandiri, bertanggung jawab dan bisa hadir kembali ditengah kehidupan masyarakat nantinya,” kata dia.

    BACA JUGA: Pembina Pramuka di Ciamis Belajar Mandikan Jenazah

    fokusjabar.id Lapas IIB Banjar
    Wali Kota Banjar saat melihat produk warga binaan di stand Lapas kelas IIB Kota Banjar pada kegiatan Kadin Festival Ramadhan 2022 di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar. (FOTO: Budiana)

    Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, kegiatan festival merupakan upaya pemerintah mengoptimalkan strategi pertumbuhan ekonomi di daerahnya. Kehadiran warga binaan dalam festival, menambah suasana lebih menarik dan terlihat unik.

    “Saya sangat mengapresiasi langkah Lapas Kelas IIB Kota Banjar mengenalkan karya warga binaanya ini. Bagus, kreatifitas warga binaan ini. Kita harus dorong produk-produknya dengan membeli dan mengenalkannya kepada masyarakat,” kata Ade Uu.

    Sementara Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cabang Banjar, Asep Nugraha mengatakan, kegiatan Kadin Festival Ramadhan 2022 ini digelar selama sejak Sabtu (23/4/2022) kemarin hingga tanggal 27 April 2022 mendatang. Kegiatan yang dikolaborasikan dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan (Diskukmp) Kota Banjar ini diharapkan bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi di Kota Banjar terutama para pelaku UMKM.

    Sehingga saat pertumbuhan ekonomi di Banjar ini meningkat, bisa membangkitkan semua sektor yang juga terdampak karena pandemi covid-19. “Mari kita bangkit bersama dari pandemi Covid-19,” Asep menegaskan.

    (Budiana Martin/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img