spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Bapenda Jabar Berhasil Capai Target Pendapatan di Triwulan Pertama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar berhasil merealisasikan target triwulan pertama tahun 2022. Mereka tidak ingin kehilangan momentum tren positif, termasuk saat bulan Ramadan.

    Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengapresiasi semua jajaran yang sudah bekerja dengan baik sejak awal tahun. Kondisi pandemi yang terkendali juga menjadi faktor penting semua agar bisa berjalan maksimal.

    Kendati demikian, Dia mengingatkan bahwa pada ramadhan tahun-tahun sebelumnya, pendapatan daerah cenderung menurun. Hal ini harus bisa diantisipasi.

    BACA JUGA: Pasar Motor Menggeliat, Bapenda Jabar Akselerasi Pendapatan Pajak

    Diketahui, target Pendapatan  dari Pajak Daerah tahun 2022 Rp 19,75 triliun. Dari angka itu, target di sektor pajak kendaraan bermotor sebesar (PKB) Rp 8,44 triliun, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp 5,40 triliun, PBBKB Rp 2,49 triliun.

    Dedi menambahkan target pendapatan tercapai di triwulan I. pihaknya tidak bole lengah mencapai tahapan di triwulan II, Bahkan harus terus meningkat. Sehingga cara di lapangan harus banyak.

    “Puasa masuk ke triwulan II, jangan turun. Day by day ga boleh kendor. Target bisa terlampaui kalau tidak kendor. Nanti berikutnya kita pikirkan kolaborasi atau inovasinya seperti apa. Pak Gubernur juga terus mengingatkan untuk terus berinovasi,” kata dia.

    Inovasi layanan yang berjalan pada bulan Ramadhan adalah samsat sore. Wajib pajak bisa membayar pajak pada sore hari termasuk akhir pekan di tempat publik. 

    Contohnya, pada pekan lalu, layanan samsore digelar di sejumlah wilayah Bandung Raya. Salah satu titiknya di kawasan Alun-alun Bandung. Selama tiga jam, raihan pendapatan pada hari itu mencapai kurang lebih Rp 300 juta. 

    Pada pekan lalu, Dedi meninjau langsung Samsore  di wilayah Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Korwil Purwakarta, Subang, Karawang,  Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi. Salah satu titik pusatnya ada di kawasan Alun-alun Bekasi.

    Selama hampir tiga jam di hari itu, pendapatan samsat se wilayah polda metro (kota bekasi, kab bekasi dan Depok) sebesar Rp 655 juta. 

    “Antusiasmenya sangat baik. Selama hampir tiga jam di wilayah Bodebek pendapatan terealisasi Rp 655 juta. Momentumnya ini yang kami jaga, kesadaran wajib pajak sangat baik,” kata dia.

    BACA JUGA: Bayar Pajak di Bulan Ramadan, Bapenda Jabar Sediakan Takjil

    Menurutnya, dengan hadirnya mobil Bandros untuk berkeliling, jadi setelah bayar pajak, warga bisa ngabuburit, ada Seniman juga yang main musik. Jelang buka puasa, dan bagikan makanan untuk takjil.

    Program Samsore yang dibalut Bandros Ramadhan Juara terus bergulir setiap hari. Pada akhir pekan ini, Dedi berencana meninjau langsung pelaksanaannya di wilayah Cirebon.

    Berita Terbaru

    spot_img