spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Iwan Saputra dan Sahrul Gunawan Jadi Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Munculnya wajah baru kepengurusan hasil musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) DPD Partai Golkar Jawa Barat dan TB. Ace Hasan Syadily menjadi Ketua terpilih juga muncul nama Iwan Saputra dan Sahrul Gunawan.

    Iwan Saputra merupakan mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya yang namanya sudah tidak asing lagi diberbagai elemen masyarakat.

    Dia dipercaya sebagai Wakil Ketua bidang pemenangan pemilu Jabar XIII yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

    BACA JUGA: Golkar Targetkan Raih 16 Kursi Kepala Daerah Di Jabar

    Selain Iwan Saputra, wajah baru lainnya yang tidak asing lagi di masyarakat yaitu Sahrul Gunawan yang sekarang menjabat Wakil Bupati Kabupaten Bandung, dirinya didapuk sebagai Wakil Ketua bidang seni dan budaya DPD Partai Golkar Jabar.

    Sementara, MQ. Iswara dipercaya kembali sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar hasil Musdalub, Iswara bukan sosok baru di Golkar, dia juga pernah menjabat Sekretaris DPD Golkar Jabar saat Ketuanya Yanceu yang merupakan mantan Bupati Indramayu.

    Ada komposisi baru di kepengurusan DPD Golkar Jabar saat ini, yaitu Ketua harian yang diemban oleh putra mantan Bupati Indramayu, Daniel Mutaqien Syafiudin.

    Sementara tidak ada muncul nama Ade Ginanjar di jajaran kepengurusan hasil Musdalub. Padahal Agin sebelumnya sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar yang sekarang menjabat Wakil Ketua DPRD Jabar.

    Ada juga nama Endang Syarif kader muda Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya yang masuk dalam kepengurusan DPD Partai Golkar Jabar hasil Musdalub sebagai Ketua biro bidang kerohanian.

    Iwan Saputra saat dikonfirmasi, fokusjabar.id, Sabtu (9/4/2022) membenarkan bahwa dirinya dipercaya menjadi kepengurusan DPD Partai Golkar Jabar hasil Musdalub.

    “Iya benar, terimakasih atas ucapan selamat dan doa dari sahabat semuanya semoga kepercayaan yang diberikan Partai Golkar Jabar terhadap saya menjadi amanah,” ungkap putra mantan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya ini.

    Iwan Saputra merupakan putra dari pasangan Almarhum Letnan Kolonel (Purn) TNI Basjuni dan Almarhumah Ning Djuaningsih yang merupakan pituin Tasik Selatan (Tasela).

    Dia lahir di Singaparna pada tanggal 14 April 1967. pada waktu itu Kakeknya sedang menjabat sebagai Wedana Singaparna.

    Iwan Saputra yang pituin Tasik Selatan tepatnya di Nagara Cina, Setiawaras, Cibalong. Pensiunan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya yang mengundurkan diri dari ASN dikarenakan maju sebagai Cabup di Pilkada serentak 2020.

    Ketika masih aktif sebagai seorang birokrat di Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra pernah mendapatkan bintang Satyalancana Karya Satya XX dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2013.

    Iwan Saputra menjadi satu-satunya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Jawa Barat penerima nominasi anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Award 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

    Tidak hanya itu Iwan Saputra penerima Hinorary Police (Polisi Kehormatan) dari Kepala Kepolisian Wilayah (Kapolwil) Priangan pada Juni 2009.

    Selain pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda, Iwan Saputra juga pernah menjadi Inspektur di Inspektorat Daerah, Kadis Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

    Kariernya dimulai dari staf Itwilkab Daerah Tingkat II Tasikmalaya, pemeriksa pembantu sektor pertanian pada Bidang Ekonomi Itwilkab II Tasikmalaya.

    Dia Juga pernah duduk sebagai Kasubag Anggaran di Bagian Keuangan Setda Kabupaten Tasikmalaya kemudian menjadi Kepala Bagian (Kabag) Keuangan di Setda Kabupaten Tasikmalaya dan Kepala Bidang (Kabid) Mutasi di BKPLD Kabupaten Tasikmalaya.

    Secara akademik, Iwan Saputra lulus S1 Managemen Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto tahun 1991 dan menyelesaikan S2 Ekonomi Pembangunan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2001 serta meraih gelar Doktoral dari Universitas Padjadjaran Bandung tahun 2012.

    Selain di birokrasi, Iwan Saputra juga Aktif di Organisasi Kepemudaan dan pernah menjabat Wakil Ketua DPD KNPI Kota Tasikmalaya 2005-2008, Ketua Majelis Pemuda Indonesia Kabupaten Tasikmalaya 2008-2012.

    Ketua GM FKPPI Kabupaten Tasikmalaya 2006 sampai dengan 2022, Wakil Ketua 1 GM FKPPI Jabar 2022-2027 dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya 2012-2014.

    Selain itu Iwan Saputra sebagai Dewan Pendiri Padepokan Silat Sukapura 2014 sampai dengan sekarang. Ketua Tarung Derajat Boxer Tasikmalaya 2010-2014. Ketua Perbakin Pengcab Kabupaten Tasikmalaya 2017-2021 dan Ketua Umum Bandung Karate Club’ (BKC) Tasikmalaya 2020-2024.

    (Anthika)

    Berita Terbaru

    spot_img