spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    UPI Gelar Berbagai Kegiatan Ramadhan 1443 H, Ada Bazaar Juga

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ibadah puasa (shaum) di bulan suci Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa dibandingkan ibadah lainnya. Untuk itu, ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 Hijriyah saat ini harus diperkaya dengan berbagai aktivitas.

    Hal tersebut disampaikan Rektor UPI, M. Solehuddin usai membuka kegiatan Bazaar, Pentas Seni, dan Budaya Islam di selasar Masjid Al Furqon UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Jumat (8/4/2022).

    “Jadi dalam sebuah hadits dijelaskan jika ibadah shaum merupakan ibadah yang istimewa, jadi jangan hanya dilaksanakan untuk menggugurkan kewajiban saja. Mari kita perkaya ibadah shaum kita dengan berbagai kegiatan dan aktivitas positif sehingga tujuan shaum menjadikan kita sebagai orang bertaqwa bisa tercapai,” kata Rektor UPI.

    Untuk itu, lanjut dia, UPI melalui DKM Al Furqon mencoba memfasilitasi berbagai kegiatan di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Setidaknya terdapat 18 jenis kegiatan selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriayh.

    “Salah satunya yakni kegiatan Bazaar, Pentas Seni, dan Budaya Islam ini. Insha Allah kegiatan ini terlaksana dengan baik dengan tetap menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan,” kata Solehuddin.

    BACA JUGA: Harga Ikan Cumi di Ciamis Naik Rp10 Ribu per Kg

    Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan UPI, Iwa Kuntadi mengatakan, 18 kegiatan yang digelar selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah di Masjid Al Furqon UPI mulai dari tadarus, pengajian, nuzulul quran, bazaar, pentas seni budaya, hingga berbagai kajian.

    “Semua kegiatan yang dilaksanakan bisa diikuti semua orang baik civitas akademik UPI dan masyakat umum di sekitar kampus,” kata Iwa.

    Selain berbagai kegiatan di dalam masjid, Iwa menuturkan jika pihaknya pun akan menggelar bakti sosial secara langsung di masyarakat. Yakni dengan kegiatan pemberian santunan bagi masyarakat fakir miskin di sekitar kampus

    “Kita targetkan sebanyak 2022 paket sembako yang akan kita berikan kepada warga sekitar kampus yang berhak menerima berdasarkan verifikasi yang kita lakukabn. Semoga dengan berbagai kegiatan yang kita siapkan, bisa lebih menjadikan ibadah shaum kita makin istimewa,” kata Iwa.

    fokusjabar.id ramadhan UPI
    Bazaar Ramadhan yang digelar di Selasar Masjid Al Furqon UPI, Jumat (8/4/2022). (FOTO: Ageng)

    Bazaar Ramadhan 1443 H
    Sementara kegiatan bazaar Ramadhan 1443 Hijriyah, digelar di selasar Masjid Al Furqon UPI. Sebanyak 25 stand disiapkan panitia dengan menjual berbagai kebutuhan mulai dari makanan ringan, busana muslim, hingga makanan takjil berbuka puasa.

    “Kegiatan bazaar ini kita gelar secara luring atau offline setelah di dua tahun sebelumnya tidak bisa kita gelar karena pandemi Covid-19. Total ada 25 tenant yang mengisi stand yang kita siapkan,” kata Koordinator Bidang Bazaar, Pentas Seni dan Budaya Islam Kegiatan Ramadhan UPI, Yuliawan Kasmahidayat.

    Dalam kegiatan bazaar kali ini, pihaknya menggandeng Gekraf Jabar dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Tenant-tenant di bazaar pun diisi oleh UMKM binaan UPI serta binaan Gekraf Jabar dan BSI.

    “Pelaksanaan bazaar ini hanya kita lakukan pada hari ini saja yakni Jumat (8/4) hingga waktu berbuka puasa, ini sebagai ujicoba. Dan rencananya akan kembali kita buka pada dua minggu kedepan yakni pada tanggal 22 April 2022,” kata Yuliawan.


    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img