spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Dubes Ukraina Sebut Kehadiran Putin di G20 adalah Penghinaan bagi Indonesia

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianan mengatakan, keputusan mengundang Presiden Rusia Vladmir Putin ke KTT G20 merupakan kesalahan.

    Vasyl mengatakan, keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Putin dalam pertemuan antarnegara ini bisa jadi penghinaan bagi Indonesia.

    “Saya pikir dia (Putin) tidak punya peran untuk berdiskusi tentang perdamaian, keamanan untuk dunia. Kehadirannya dalam setiap gathering termasuk G20 akan menjadi penghinaan untuk negara ini. Ini pendapat saya,” kata Vasyl di Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2022).

    BACA JUGA: Indonesia Tetap Undang Putin di Puncak G20, Kenapa?

    Meski demikian, Vasyl tetap menghormati keputusan pemerintah Indonesia mengundang Putin ke konferensi puncak yang akan dihelat pada November mendatang.

    Dia menyebut, masyarakat Indonesia memiliki pandangan yang terbuka sehingga bisa memberikan keputusan terbaik.

    “Saya menghormati keputusan Indonesia, dan orang-orangnya. Saya pikir pandangan Indonesia yang terbuka bisa membantu memberikan keputusan yang paling baik. Saya bukan dalam posisi untuk memberikan saran ini,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia akan mengundang Presiden Putin dalam KTT G20.

    Staf Khusus Program Prioritas Kementerian Luar Negeri dan Co-Sherpa G20 Indonesia Triansyah Djani menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers mingguan pada Kamis kemarin, (24/3/2022).

    “Presiden G20 tentunya harus mengirim undangan kepada semua anggota dan aturan ini sudah berlaku sejak pendirian G20. Tidak ada yang berubah,” kata dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img