spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Menjelang Puasa Warga Barebeg Ciamis Gelar Nadran

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Warga Desa/Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Jawa Barat berbondong-bondong mendatangi Makam Kyai Buyut Manguntapa atau Ki Gedengtapa yang disemayamkan di Selamanik pinggir jalan raya Kawali-Ciamis untuk mengikuti Acara adat budaya “Nadran”. Kamis (24/3/2022).

    Ratusan warga tersebut mendatangi Makam Kyai Buyut Manguntapa untuk melaksanakan ziarah dilokasi tersebut menjelang Bulan Suci Ramdhan yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan oleh umat Muslim.

    Menurut Bah Hendra dari Panglawungan Galuh Kiwari Baregbeg, kegiatan Nadran di Makam Kyai Manguntapa tersebut dilaksanakan menjelang Bulan Suci Ramadhan untuk menghormati atas segala jasanya yang telah menyebarkan Agama Islam di wilayah Baregbeg dan sekitarnya.

    “Sebagai rasa hormat  kepada leluhur kami adakan ziarah ini dengan melaksanakan Doa bersama memohon keselamatan kepada Alloh SWT,”katanya.

    BACA JUGA: Kontingan Anak Soleh Ciamis Wakili Jabar di Tingkat Nasional

    Hendra menuturkan, dalam rangkain “Nadran” pihaknya selain menggelar Doa bersama di lokasi Makam Kyai Manguntapa pihaknya pun mengelar acara budaya dengan menampilkan kesenian tradisional serta makan nasi liwet 7 warna bersama dengan masyarakat.

    Fokusjabar.id baregbeg ciamis
    Acara Adat Budaya Nadran di Desa Baregbeg Ciamis. (Foto: Husen)

    “Warna itu mengandung filosopi kehidupan diantaranya warna merah kita harus menahan hawa nafsu, putih suci, hitam melambangkan keabadian, biru lautan, coklat harus ingat kita asal dari tanah kembali juga ketanah,” ucapnya.

    Hendra mengatakan, sehingga dengan Tujuh pilosofi yang terkandung dalam warna Nasi Liwet tersebut bila diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari sangat selaras dengan ajaran Agama Islam.

    BACA JUGA: Pemkab Garut Usulkan 119 Ribu Set Top Box

    “Ini merupakan wujud pengabdian Sirulloh, Zatulloh, Sipatulloh, wujudtulloh, Karomatulloh, Nurulloh dan Darazatulloh,” katanya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img