spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Rusia Umumkan Perang di Ukraina!

    UKRAINA,FOKUSJabar.id: Ledakan beruntun dilaporkan terjadi di ibu kota Ukraina Kyiv, Kamis (24/2/2022) waktu setempat.

    CNN di Kharkiv mengabarkan, aliran ledakan keras yang terus-menerus. Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang terletak di timur laut negara itu.

    Rentetan peledakan ini terjadi beberapa menit setelah pernyataan Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan operasi militer di Ukraina demi membela separatis di timur negeri itu. Putin sendiri mengakui kedua wilayah itu merdeka dari Ukraina Senin.

    BACA JUGA: Perang Dimulai? Putin Kirim Pasukan ke Ukraina

    “Saya telah membuat keputusan operasi militer,” kata Putin dalam pernyataan mengejutkan di televisi sesaat sebelum pukul 6.00 pagi waktu setempat, seperti dilansir CNBC.

    Sebelumnya, AS sudah memberi peringatan. Rusia disebut sudah final akan menyerang Ukraina secara penuh dalam hitungan jam.

    “Semua yang telah kami lihat selama 24 hingga 48 jam terakhir membuat Rusia memberikan sentuhan akhir untuk menempatkan pasukannya di seluruh Ukraina,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Rabu waktu setempat.

    Ukraina kini memberlakukan status darurat nasional, Rabu (23/2/2022) malam waktu setempat.

    Jeputusan tersebut dikeluarkan parlemen sebagai tanggapan ancaman invasi Rusia, yang disebut Barat sudah dimulai.

    Ukraina sendiri kemarin mengeluarkan peringatan ke warga untuk segera meninggalkan Rusia. Sementara Moskow mengevakuasi kedutaan besarnya di Kyiv.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img