spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Pengembangan Wisata Jawa Barat Fokus dengan Konsep Alam

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengembangan wisata Jawa Barat tidak boleh sama sekali merusak atau mengubah alam, tetapi harus ada nilai menambah

    Dengan demikian Pemprov Jawa Barat thun 2020 akan berfokus mengembangkan konsep wisata alam tanpa merusak alam. .

    “Seperti di perkebunan teh, jangan mengubah lanskap kebun tehnya, tetapi cukup dengan membuat skywalk dari kayu, lalu menjadi instagramable,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benny Bachtiar, di Kota Bandung, Jumat (18/2/2022).

    BACA JUGA: Target Kujungan Wisata Jawa Barat Capai 69 Ribu

    Demikian juga dengan konsep homestay. Menurut Benny, Jabar akan terus mendorong pengembangan konsep tersebut agar masyarakat di sekitar lokasi wisata mendapat menafaat ekonomi langsung dari wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

    “Tinggal kita mendorong peningkatan kualitas ruang tidur yang rapi, kemudian toilet atau kamar mandi yang berstandar internasional, misalnya. Kan itu kesan pertama yang akan dinilai wisatawan ketika mereka melakukan homestay,” katanya.

    Benny bercerita, era tahun 80-an di Pangandaran belum ada hotel banyak seperti sekarang, maka konsep homestay yang digunakan.

    “Nah itu akan kita coba hidupkan dan kembangkan kembali di objek wisata kita sekarang,” terangnya.

    Seperti diketahui, Disparbud Jabar meluncurkan West Java Calendar of Event (Coe) 2022. Ada 50 event yang akan ditampilkan di seluruh kabupaten/kota sepanjang tahun 2022, untuk menarik wisatawan.

    BACA JUGA: 5 Wisata Jawa Barat Cocok untuk ‘Self Healing’

    “50 event itu hasil kurasi dari 260 event yang diajukan kabupaten/kota, setelah disaring oleh para ahli, maka ada 50 event yang dinilai layak jual. Karena seperti pesan Pak Gubernur, kita harus menampilkan atraksi wisata yang layak jual, dan harus sesuai selera pasar,” kata Benny.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img