spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Disdik Kota Bandung Gelar Trauma Healing untuk Siswa SDN 032 Tilil Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan melakukan trauma healing kepada 23 siswa di SDN 032 Tilil, Kota Bandung.

    Sejumlah siswa itu disinyalir menyaksikan langsung insiden penusukan guru mereka Ati Rohani (50) hingga meninggal dunia oleh mantan suaminya Nano Mujianto (56) di halaman sekolah, Senin (7/2/2022) lalu.

    Sekertaris Disdik Kota Bandung Cucu Saputra mengatakan, pendampingan tersebut akan dilaksanakan Minggu ini. Nantinya akan melibatkan guru Bimbingan Konseling (BK) dan psikolog maupun psikiater dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung.

    “Ada 23 anak, kita akan mulai (trauma healing), karena belajar mengajar dihentikan dulu sementara, kita fokus pada pendampingan anak dan orangtua (yang sempat melihat kejadian),” kata Cucu saat dikonfirmasi, Rabu (9/2/2022).

    BACA JUGA: Segitiga Rebana Jadi Pusat Ekonomi, Disdik Siapkan SMKN 1 Mundu

    “Sekarang urusan kami ada bagiamana dampak terhadap anak-anak, alam bawah sadarnya, di usia masa emas ini bisa jadi sangat membekas. Konon, peristiwa yang mengerikan, memilukan di masa kecil itulah yang bisa membentuk kepribadian anak ke depannya. Bisa menjadi anak yang traumatik. Maka ini harus ada upaya pendampingan,” kata dia menambahkan.

    Cucu berharap, kejadian tersebut tidak terulang kembali dan pelaku pembunuhan diganjar dengan hukuman berat.

    “Urusan kriminal itu sudah kewenangan penegak hukum,” kata dia.

    Sementara itu, Wakil Kepala SDN 032 Tilil Bidang Kesiswaan Prihatna mengatakan, pemberian Trauma healing kepada siswa yang sempat melihat kejadian tersebut, akan mulai dilaksanakan hari ini.

    “Rabu (9/2), ada kegiatan Trauma Healing, Diselenggarakan oleh Disdik Kota Bandung, khusus terapi pada para siswa yang melihat secara langsung kejadian tersebut (penusukkan),” kata Prihatna.

    Menurut dia,  pasca insiden pembunuhan, kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diliburkan. Sedangkan untuk kegiatan hari Kamis (10/2/2022) besok pihaknya akan melakukan trauma healing kepada siswa kelas 4-6.

    BACA JUGA: 12 Kabupaten/Kota di Jabar Level 2 PPKM 14 Februari 2022

    “Trauma Healing ini untuk mencegah adanya rasa trauma akibat pemberitaan dari media sosial (Medsos). Dari hari Jumat 11 Februari 2022 kegiatan belajar secara daring akan berjalan,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img