spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Jalan Selawangi Dibiarkan Menganga, Keselamatan Pengendara Terancam

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Jalan Raya Leuwisari Desa Selawangi, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, yang amblas belum mendapat perhatian pemerintah. Kondisi jalan yang amblas pun masih dibiarkan menganga.

    Selain ruas jalan menjadi sempit, kondisi tersebut membuat sejumlah pengendara motor terperosok dan jatuh. Terutama pada malam hari, akibat minimnya penerangan jalan.

    Untuk menyiasati jalan yang bolong, warga setempat hanya menutup badan jalan yang amblas dengan batu besar dan pohon.

    Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Selawangi, Kecamatan Sariwangi, Yudi Mulyadi mengatakan, pihak desa sudah beberapa kali mengajukan perbaikan jalan melalui kecamatan ke dinas terkait. Namun hingga saat ini, pengajuan belum ada respos dan jalan yang amblas pun belum ada perbaikan.

    “Status jalan tersebut memang bukan jalan desa, itu masuknya jalan kabupaten. Jadi desa sebatas mengusulkan. Harapannya segera diperbaiki karena akses jalan tersebut sangat vital,” kata Yudi.

    Camat Sariwangi, E. Koswara mengatakan, ada dua ruas jalan yang memang kondisinya rusak parah dan sudah lama belum diperbaiki. Yaitu ruas jalan di Desa Selawangi dan Sirnasari Kecamatan Sariwangi.

    “Yang lebih parah memang ruas jalan di Desa Sirnasari Kecamatan Sariwangi. Sekitar enam kilometer yang belum diperbaiki dan di aspal. Termasuk jalan di Desa Selawangi, banyak yang berlubang,” kata Koswara.

    BACA JUGA: Pejabat Kewilayahan Diminta Optimalkan Pengawasan

    Pihak pemerintah kecamatan, lanjut dia,  sudah mengusulkan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) desa dan kecamatan untuk kemudian diusulkan ke Musrenbang tingkat kabupaten.

    Menurutnya, banyak masyarakat atau pengendara yang melintas di jalan rusak tersebut yang ingin segera jalan diperbaiki dan di aspal. Karena banyak laporan yang masuk, tidak sedikit pengendara yang terjatuh saat melintasi jalan tersebut.

    “Kita dorong ke pemerintah daerah, mudah-mudahan bisa tahun ini ada perbaikan ruas jalan status kabupaten tersebut,” dia menegaskan.

    (Farhan/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img