Sinopsis Ford V Ferrari, Drama Balap Nan Epik!

0
187
Ford V Ferrari
Ilustrasi. (web)

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ford V Ferrari merupakan film yang wajib ditonton oleh pecinta otomotif. Berikut sinopsis Film Ford V Ferrari, Drama balap nan epik.

Diangkat dari kisah nyata, film Ford V Ferrari berkisah tentang pabrikan mobil Ford yang mencoba untuk merancang mobil Shelby agar dapat mengalahkan mobil super Ferrari di kejuaraan 24 hour Le Mans.

Pihak manufaktur Ford sendiri sebenarnya tidak percaya bila sebuah mobil Ford dapat mengalahkan mobil Ferrari, karena Ford lebih fokus memproduksi sedan keluarga, dibandingkan mobil sport.

BACA JUGA: Nana, Film Berbahasa Sunda Pertama Bakal Tampil di Festival Film Berlin

Agar impiannya tersebut terwujud, pihak Ford bekerja sama dengan Modifikator Legendaris Carol Shelby (Matt Damon) untuk merancang mobil super agar dapat mengalahkan Ferrari, yang notabene menjadi saingan terberat sekaligus juara di ajang balap 24 Hour Le Mans.

Carol Shelby sendiri sebelumnya juga seorang pembalap, namun karena penyakit jantungnya, Shelby memilih untuk bekerja dibelakang layar termasuk menjadi perancang mobil Ford Shelby.

Mengambil setting waktu tahun 1966, Shelby merupakan modifikator sekaligus perancang mobil Ford Shelby Mustang yang handal dan tidak diragukan lagi kemampuanya. oleh karena itu Shelby merekrut Ken Milles (Christian Bale) untuk mencoba mobil Ford rancanganya.

Tidak mudah bagi Shelby untuk membujuk Ken Milles agar menerima perekrutanya, Milles sendiri sempat menolak karena pihak Ford sebelumnya meragukan kemampuan Milles di lintasan balap.

Berhasil bergabung dalam tim Ford, Milles Mencoba mobil 66’Ford GT Mk2, yang merupakan rancangan tim bersama Shelby.

Tokoh Ken Milles sendiri bukanlah tokoh fiksi melainkan ‘based on true story’. dimana Ken Milles adalah seorang pembalap 24 Hour Le Mans.

Kejuaraan balap 24 Hour Le Mans diadakan pada 18 sampai 19 Juni 1966 di Sirkuit De La Sarthe, Le Mans, Prancis.

Pada saat itu juga menjadi tombak sejarah bagi Ford memenangkan kejuaraan balap bergengsi di Prancis. Yang sebelumnya diraih oleh mobil Eropa, seperti Ferrari.

Kejuaraan balap 24 Hour Le Mans tahun 1966 tersebut dimenagkan oleh Bruce Mc Laren dan Chris Almod yang finish urutan pertama, sedangkan Ken Miles Bersama Denny Hume, finish di urutan kedua, walaupun finish di urutan kedua, Ford tetap menjuarai ajang bergengsi tersebut lantaran Bruce Mc Laren menggunakan mobil Ford 7.0L V8.

Film Ford V Ferrari terinspirasi dari persahabatan antara Ken Milles dan Carol Shelby dalam membangun mobil andalanya.

Film yang disutradarai oleh James Manglod ini juga dibintangi oleh John Bernthal, Caitriona Balfe, Tracy Lets, Josh Lucas, Noah Jupe, dan masih banyak lagi.

Film yang sudah tayang pada 15 November 2019 ini juga meraih banyak penghargaan di piala Oscar 2020. Salah satunya masuk nominasi penyuntingan gambar terbaik, Aktor terbaik, Sutradara Terbaik, dan masih banyak lagi.

(NAUFALTel-U/Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini