Prabowo Bakal Jual 2 Kapal Perang Milik TNI AL

0
89
prabowo
Ilustrasi. (web)

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bakal menjual kapal perang KRI Teluk Penyu 531 dan KRI Teluk Mandar 514 milik TNI Angkatan Laut (AL). Dua KRI itu buatan Korea tahun 1980.

Prabowo menyampaikan hal itu dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI. Dia menyebut dua KRI itu dijual karena sudah tidak layak pakai.

prabowo
KRI Teluk Penyu 531. (web)

“Pada kesempatan ini akan kami sampaikan kronologis terkait permohonan penghapusan dengan mekanisme pemindahtanganan lelang dari KRI Teluk Penyu 513 buatan Korea tahun 1980 dan KRI Teluk Mandar 514 buatan Korea tahun 1980,” kata Prabowo, Kamis (27/1/2022).

BACA JUGA: KPK Temukan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

Prabowo mennyebut, dua KRI akan dijual karena kondisinya sudah banyak yang keropos. Menurutnya, dua KRI itu tidak efisien apabila dilakukan perbaikan.

KRI Teluk Mandar 514. (web)

Oleh karena itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) mengajukan surat kepada Panglima TNI untuk dilakukan permohonan pemindahtanganan terhadap dua KRI tersebut. Panglima TNI kemudian meneruskan surat tersebut kepada Menteri Pertahanan.

“Dokumen-dokumen yang dipersyaratkan Kemenhan membuat surat kepada Kemenkeu tentang pemohonan pemindahtanganan secara lelang,” kata dia, seperti dilansir IDN.

Prabowo memastikan, penjualan KRI Teluk Penyu 531 dan KRI Teluk Mandar 514, tak akan mengganggu kegiatan TNI AL dalam menjaga NKRI.

“Dengan menggarisbawahi bahwa kondsi KRI Teluk Penyu 513 dan KRI Teluk Mandar 514 rusak berat dan penghapusan ini tidak menganggu tugas pokok dan fungsi TNI AL,” katanya.

(Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini