Pertama Di Jabar, Lapas Ciamis Kerjasama dengan 14 OPD

0
71
Ciamis
Kerjasama antara lapas kelas II B Ciamis dengan Pemda Ciamis ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Aula Lapas Kelas II B Ciamis, Selasa (25/1/2022). (Foto: Fauza)

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui 14 Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Kerjasama itu merupakan yang pertama di Jawa Barat.

Kerjasama itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas warga binaan yang diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh 14 OPD di Aula Lapas Kelas II B Ciamis, Selasa (25/1/2022).

“Kerjasama itu meliputi, pelayanan tahanan, kesehatan, pembinaan, keamanan, kehumasan serta yang lainnya sesuai dengan aturan perundang-undangan,” kata Kepala Lapas Ciamis Soni Sopyan.

BACA JUGA: Di Kota Banjar, Harga Minyak Goreng Masih Diatas Rp14 Ribu

Soni mengatakan bahwa dalam nota kesepahaman bersama 14 OPD Ciamis itu ada 4 program kerja yang akan dikerjakan untuk 5 tahun kedepan.

“Saya berharap dengan adanya program itu setelah warga binaan keluar dari lapas bisa menjadi lebih produktif dan tentunya tidak mengulangi lagi tidak pidana,” kata dia.

Dia juga mengungkapkan jika kerjasama yang dijalin antara Lapas dengan Pemda itu merupakan yang pertama di Jawa Barat.

“Ini bisa menjadi contoh juga karena pertam kali di Jabar nota kesepahaman ini. Mudah-mudahan kedepan pembinaan di lapas Ciamis akan lebih baik lagi,” kata dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah Ciamis, Tatang sangat mengapresiasi jalinan kerjasama yang dilakukan lapas Ciamis dengan stakeholder untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan pembinaan warga binaan.

“Warga binaan juga harus di disiapkan kemampuannya agar bisa mendapatkan pekerjaan. Warga binaan pun perlu dibangun mental dan spiritualnya,” kata dia.

Tak ketinggalan, Tatang juga berpesan agar kerjasama yang dilakukan antara Lapas dan Pemda Ciamis selalu dipelihara dengan baik.

BACA JUGA: Harga Minyak Goreng di Tasikmalaya Masih Tinggi

“Kerjasama ini harus ditingkatkan untuk masa yang akan datang, agar terjalin keharmonisan antara Lapas dan Pemda dalam menjalankan tugas dan wewenang,” katanya.

(Fauza/Anthika Asmara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini