spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Isu jadi Kepala Otorita Nusantara, Ridwan Kamil Diminta Fokus Urus Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Beredar kabar bahwa Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil), bakal jadi Kepala Otorita Nusantara.

    Kabar itu merebak setelah Presiden Jokowi seakan beri sinyal yang akan menunjuk kepala daerah berlatar belakang arsitek untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN).

    Ridwan Kamil diminta untuk tidak untuk mengabaikan isu tersebut.

    Andai sinyalemen ini benar, Emil pun diminta untuk tetap memilih memimpin Jabar dibanding Nusantara.

    BACA JUGA: Pengasuh Ponpes Lirboyo: Ridwan Kamil Layak Jadi Capres

    Hal itu diungkap oleh Ketua Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Jawa Barat, Aria Girinaya.

    Dia mengatakan, pernyataan Jokowi meski belum mengarah langsung pada sosok Ridwan Kamil harus tetap diapresiasi.

    “Itu bagi kami khususnya warga Jawa Barat adalah suatu kebanggaan kalau betul Pak Ridwan Kamil ditunjuk senagai kepala otorita IKN,” kata Aria Girinaya , Jumat (21/1/2022).

    Namun meski hal ini membanggakan, pihaknya menilai Emil masih memiliki tanggung jawab memimpin Jabar.

    “Pak RK itu masih punya tanggung jawab yang masih harus diselesaikan. Beliau menjabat baru 3 tahun kemudian ada pandemi Covid-19 yang mana menyebabkan pembangunan dalam tanda petik banyak yang dipending atau belum terselesaikan,” kata dia.

    Dia juga berharap, Emil menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai gubenur Jabar sampai tuntas.

    “Kemudian kalaupun diberi kesempatan, nanti kita terserah Pak Jokowi, tapi kami warga Jabar sangat berharap Pak Ridwan Kamil menyelesaikan tugas sebagai gubernur di Jabar. Jangan terpecah fokusnya setidaknya masih ada agenda-agenda pembangunan di Jabar yang harus diselesaikan oleh beliau,” katanya.

    Dia juga menilai analisa sebagian pengamat, bahwa sinyal ini menunjukan Jokowi tengah mempersiapkan Emil ebagai Capres dengan memimpin Nusantara bukan hal yang mudah dan sederhana.

    “Pertanyaannya partai mana yang mau mengusung beliau sebagai capres? Saya menyarankan beliau fokus dulu di Jawa Barat walaupun peluang (capres) itu ada. Karena saya berharap Jawa Barat tuntas, Jawa Barat juara lahir batin itu bukan hanya slogan ” pungkasnya.

    Sebelumnya, Jokowi menyebut kriteria kepala otorita ibu kota negara (IKN) bernama Nusantara adalah kepala daerah dan berlatar belakang arsitek.

    Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022.

    Kini nama-nama calon pucuk pimpinan Otorita mulai bermunculan. Jokowi juga menyebut beberapa kriteria, meski tak rinci.

    “Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

    Sementara itu, Emil mengaku tidak mau berandai-andai jika dirinya ditunjuk Jokowi memimpin Nusantara.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img