spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Warga Jabar Dukung Ridwan Kamil Jadi Kepala IKN Agar Jadi Capres 2024

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Isu penunjukkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) sebagai calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) ditanggapi positif oleh warga Bandung.

    Bahkan, warga berharap agar Ridwan Kamil tetap maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

    Meski baru sebatas isu, namun Ridwan Kamil digadang-gadang sebagai sosok tepat untuk memimpin IKN.

    Isu tersebut mencuat pasca-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendaki Kepala Otorita IKN berlatar belakang kepala daerah dan arsitek.

    BACA JUGA: Isu jadi Kepala Otorita Nusantara, Ridwan Kamil Diminta Fokus Urus Jabar

    Devi Setiani (24) tenaga pendidik di Kota Bandung mengaku, sebenarnya, dirinya cenderung tidak setuju dengan hadirnya IKN.

    Dia beralasan, rencana pemindahan ibu kota belum tepat mengingat pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan kondisi ekonomi masih sulit.

    “Lebih ke tidak setuju ada ibu kota baru sih. Memang penting dan sudah diusulkan dari lama juga. Tapi, kayanya waktunya gak pas aja kalau harus pindah ibu kota secepatnya mengingat covid di Indonesia juga masih merabak ya, ekonomi juga masih sulit,” kata Devi, Jumat (21/2/2022).

    Namun, lanjut Devi jika IKN tersebut benar-benar terealisasi dan Ridwan Kamil yang menjadi pemimpinnya, dia mendukung penuh Ridwan Kamil dan hadirnya IKN.

    “Tapi, kalau memang pasti akan terealisasi dan Bapak Ridwan Kamil yang diusulkan, saya sih setuju karena Bapak Ridwan Kamil juga banyak prestasinya dan “kekinian”,” kata dia.

    Devi pun berharap Emil tetap maju sebagai capres di Pilpres 2024.

    “Supaya ada harapan baru untuk Indonesia yang lebih baik karena sejauh ini, kinerja dan integritasnya luar biasa keren,” katanya.

    Hal yang sama diungkapkan Ferdian (35) Mahasiswa Telkom University, ia mendukung Emil jika Presiden Jokowi benar-benar menunjuknya sebagai Kepala Otorita IKN.

    “Setuju dengan isu itu. Saya anggap kang Emil punya kapasitas leadership untuk mimpin Ibu Kota Negara di Kaltim,” kata Ferdian.

    Namun, Ferdian berharap selain menjadi Kepala Otorita IKN, Emil pun bisa mewujudkan niatnya menjadi capres 2024.

    “Kalo ada pilihan isu, capres better,” kata dia.

    Rani Rahmawati (40), dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung juga menilai, Ridwan Kamil sosok tepat v untuk memimpin IKN karena kualitas dan kapasitasnya yang dimilikinya selama ini.

    “Saya dukung dan mengapresiasi jika Pak Ridwan Kamil menjadi calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara karena sangat ditunjang dengan pengetahuan, pengalaman, dan kecakapan beliau mengenai pemetaan dan pengelolaan infrastruktur ruang tata kota beserta cakupan ruang lingkup yang lain,” jelasnya.

    Terlebih, tambah Rani, sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk menempatkan sosok yang memahami mengenai integrasi dan koneksi dalam pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan ibu kota baru ini.

    “Sehingga, fungsi dan tujuan pengelolaan menjadi terstruktur atas dasar efisien dan efektivitas,” katanya.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut kriteria Kepala Otorita IKN bernama Nusantara itu adalah kepala daerah dan berlatar belakang arsitek. Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang beroperasi paling lambat akhir tahun 2022.

    “Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

    Ridwan Kamil sendiri mengaku, tidak mau berandai-andai dirinya ditunjuk Jokowi untuk memimpin IKN Nusantara.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img