spot_img
Sabtu 15 Januari 2022
spot_img

Kadisdik Jabar Dedi Supandi Sabet Penghargaan Pegawai Terbaik

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat Dedi Supandi, sukse menyabet prestasi Pegawai Berkinerja Terbaik di kategori jabatan pimpinan Tertinggi Pratama atau eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Gedung Sate, Kota Bandung, pada Rabu (12/1/2022).

Pemprov Jabar memberikan penghargaan kepada 111 ASN berprestasi. Termasuk di dalamnya kategori Employe of The Month selama 2021.

BACA JUGA: Emil: Kabupaten Bandung Angka Vaksinasinya Terendah di Jabar

Dedi Supandi mengatakan, penghargaan ini pertama kali dia terima. Namun sebelumnya, ia tiga kali berturut-turut masuk sebagai finalis tiga besar.

“Kalau eselon dua atau JPT itu setiap tiga bulan sekali pemilihannya. Jadi tidak setiap bulan. Setiap tiga bulan sekali itu sudah empat kali dilakukan dan keempat-empatnya saya selalu masuk tiga besar, rata-rata yang kedua. Nah untuk yang sekarang, saya mendapatkan yang pertama,” kata Dedi Supandi, Kamis (13/1/2021).

Terdapat sejumlah tahap penilaian yang harus dilalui Dedi sebelum meraih penghargaan tersebut. Yang pertama yaitu berdasarkan capaian inovasi yang telah di lakukan.

Di mana selama menjabat sebagai Kadisdik Jabar, Dedi telah mencatatkan beberapa program inovasi di antaranya dengan menggagas Aplikasi Sistem Informasi Lapor Penahanan Ijazah (Silapiz), termasuk program Pengambilan Ijazah dan Jabar Eksis (Ekspose Karya Siswa).

Sebagai Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Covid-19 Jabar, Dedi juga melakukan sejumlah akselerasi. Termasuk saat menjadi Ketua Kontingen Jawa Barat pada Peparnas XVI Papua 2021, di mana dapat finis di urutan dua.

“Setelah itu, penilaian sesama teman, lalu masuk 10 besar dan dinilai oleh lembaga independen,” kata dia.

Dari 10 besar, kemudian kembali mengerucut untuk masuk ke lima besar lalu melakukan tes oleh lima orang penguji. Di antaranya oleh Sekda Jabar, Menpan, kalangan ahli dan akademisi.

“Lalu dinilai sehingga ditentukan yang terbaik siapa. Jadi, beberapa kali prosesnya,” kata Kadisdik Jabar.

Dedi juga memberi semangat pihaknya untuk meningkatkan kualitas kinerja. Dia berharap, ke depan semakin banyak inovasi yang dapat ditelurkan untuk menuju Jabar Juara.

“Sesuai dengan amanat dari Pak Gubernur kita harus ngabret dengan melakukan kolaborasi dan inovasi. Dengan penghargaan yang saya terima sekarang, semoga dapat menjadi manfaat khususnya bagi masyarakat Jabar pada umumnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Emil menyampaikan penghargaan seperti ini dapat menjadi pelecut semangat reformasi birokasi 4.0 dalam bekerja.

Dia berharap mekanisme penghargaan tidak hanya berlangsung di skala provinsi saja. Melainkan melibatkan dari berbagai elemen dimulai dari office boy tiap dinas, hingga level kabupaten/kota se-Jabar.

“Bayangkan ribuan SDM ini tiba-tiba termotivasi, harusnya Jabar tidak ada lawan dalam urusan SDM,” ujar Ridwan Kamil, Rabu (12/1/2022).

Dia juga meminta para ASN di Jabar menjungjung tinggi optimisme menyongsong kinerja di tahun 2022.

“Mari optimistis di 2022, lakukan hal serupa di dinas-dinas dan OPD juga level kota/kabupaten jangan berhenti dan berpuas diri,” kata dia.

(Agung)

Berita Terbaru

spot_img