spot_img
Minggu 16 Januari 2022
spot_img

Emil: Kabupaten Bandung Angka Vaksinasinya Terendah di Jabar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Vaksinasi COVID-19 di tiga kota di Provinsi Jawa Barat berada di atas 100 persen. Ketiga kota itu, yakni Kota Bandung, Kota Bogor dan Kota Cimahi, sedangkan daerah dengan angka vaksinasi terendah di Jabar, yakni Kabupaten Bandung dengan capaian 71 persen.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) di Taman Dewi Sartika, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis 13/1/2022).

“Bandung ini sudah keren, yakni 100 persen lebih,” kata Emil.

Jika angka vaksinasi sudah 100 persen, maka daerah tersebut boleh melaksanakan vaksin booster. Sebaliknya yang belum mencapai itu, maka fokus saja meningkatkan angka vaksinasi dosis pertama dan kedua.

BACA JUGA: Vaksinasi Anak Usia 6-11 di Ciamis Dimulai

“Kalau sudah 100 persen maka booster dipersilakan secepatnya. Yang belum, prioritas saja vaksinasi primer. Secara keseluruhan 80 persen dan paling rendah di angka 71 persen. Kita akan dorong terus,” kata dia.

Adapun vaksin booster, kata dia, diprioritaskan untuk lansia dan tenaga kesehatan (nakes). Sebab mereka rentan terpapar Omicron. Pihaknya pun memastikan jumlah dosis vaksin di Indonesia memenuhi kebutuhan masyarakat.

Saat ini, vaksinasi COVID-19 di Jabar hampir mendekati 80 persen, kemudian vaksinasi lansia mendekati 76 persen. Satu bulan ke depan akan digencarkan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun guna mengejar target 100 persen.

(Yusuf Mugni/LIN)

Berita Terbaru

spot_img