spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Geger! “Gerbang Neraka” Terbuka di Turkmenistan

    TURKMENISTAN,FOKUSJabar.id: ‘The Door to Hell’ atau Gerbang Neraka muncul di Turkmenistan. Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedow pun bergegas memerintahkan pejabat untuk memadamkannya.

    Gerbang Neraka yang dimaksud adalah api di kawah gas Darvaza yang terletak di tengah gurun Karakum. Kawah ini terletak sekitar 270 km dari ibu kota Ashgabat,Turkmenistan.

    karena terus-terusan memuntahkan api abadi, penduduk setempat menyebutnya sebagai Gerbang Neraka yang memiliki nama asli ‘The Radiance of Karakum’.

    BACA JUGA: Kazakhstan Rusuh, Bagaimana Nasib Anggota DPR yang Kunker Disana?

    Api dari ‘The Radiance of Karakum’ dikabarkan telah muncul selama 50 tahun atau beberapa dekade terakhir.

    gerbang neraka
    Kawah gas Darvaza yang terletak di tengah gurun Karakum. Kawah ini terletak sekitar 270 km dari ibu kota Turkmenistan, Ashgabat dan memiliki nama resmi ‘The Radiance of Karakum’.

    Upaya penutupan Gerbang Neraka bukan hal baru. Berdimuhamedow sempat memerintahkan para ahli untuk menemukan cara memadamkan api pada tahun 2010.

    Api harus dipadamkan karena berdampak negatif terhadap lingkungan maupun kesehatan orang-orang yang tinggal di dekatnya.

    “Kami kehilangan sumber daya alam yang berharga yang mana kami bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dan menggunakannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kami,” katanya, dikutip Senin (10/1/2022), seperti dilansir CNBC.

    Walaupun, tidak ada catatan resmi tentang bagaimana lubang yang terbakar itu awalnya ditemukan, teori paling populer menunjukkan bahwa Gerbang Neraka muncul tahun 1971.

    Menurut teori, ahli geologi menabrak kantong gas alam saat sedang mengebor minyak. Diyakini untuk mencegah penyebaran metana, mereka membakarnya dan terus menyala sejak saat itu.

    Sementara ahli geologi Turkmenistan percaya kawah itu terbentuk pada 1960-an dan baru menyala 1980-an.

    Hal itu belum terpecahkan sebab seperti pada saat Turkmenistan berada di bawah kekuasaan Uni Soviet, setiap catatan pembuatan kawah sekarang menjadi informasi rahasia.

    Misteri seputar lubang api tersebut juga telah mengubahnya menjadi objek wisata yang populer di negara ini. Tercatat ribuan orang mengunjungi daerah itu setiap tahun untuk melihat lubang neraka dari dekat.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img