spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Baznas RI Tak Kunjung Terbitkan Rekomendasi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Meskipun sudah hampir dua pekan melewati batas akhir pengumuman, namun Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) periode tahun 2021-2026 belum juga menyampaikan hasil seleksinya.

    Ketua Pansel Komisioner Baznas Kabupaten Tasikmalaya, KH. Edeng ZA menyebutkan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu surat rekomendasi dari Baznas Republik Indonesia (RI).

    “Nanti menunggu keluar rekomendasi dari pusat. Mudah-mudahan bulan ini terbit rekomendasinya,” kata Edeng, Selasa (4/1/2022).

    BACA JUGA: 24 PNS Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Dianugrahi Satyalancana Karya Satya

    Menurutnya, dari hasil penjaringan Pansel, ada 10 nama yang direkomendasikan.

    Empat orang di antaranya merupakan komisioner Baznas Kabupaten Tasikmalaya. Mereka adalah, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tasikmalaya, KH Acep Tohir, Wakil Ketua, KH Cecep Qoyum, Ustadz Affan dan Ustadz Cece.

    Kemudian KH. Edeng, adalah warga Kabupaten/Kota Tasikmalaya yang berada di luar komisioner Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tasikmalaya.

    BACA JUGA: PGRI Ciamis Bantu Pengungsi di SMPN 3 Cisaga

    “Pansel hanya menyampaikan 10 nama. Adapun kewenangan verifikasi faktual itu ada di pusat. Nantinya akan muncul lima nama yang direkomendasikan ke kita untuk kemudian di-SK-kan dan dilantik oleh Bupati Tasikmalaya,” ujar KH. Edeng.

    Anggota Sekretariat Pansel Baznas Kabupaten Tasikmalaya, Ade Badruzaman mengatakan, dari 14 orang yang mengikuti tahapan penjaringan, Pansel hanya dapat merekomendasikan 10 orang nama bakal calon komisioner untuk dilakukan verifikasi faktual.

    “Hasilnya hingga kini belum keluar. Hal itu karena dalam waktu bersamaan tengah melakukan verifikasi faktual para calon-calon komisioner Baznas kota/kabupaten di wilayah Indonesia untuk periode lima tahun ke depan,” terang Ade.

    Pihaknya berharap, rekomendasi dari Baznas RI keluar pada bulan Januari 2022.

    Berikut nama-nama anggota Pansel Baznas Kabupaten Tasikmalaya, KH. Edeng ZA, Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, H. Usep Saepudin Muhtar, pejabat esselon 2 Pemkab Tasikmalaya, H. Iin Aminuddin dan dari kalangan tokoh pesantren, KH. Dede Saeful Anwar serta KH. Ade Yuyu.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img