spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    IPA Balokang Patrol Diserahterimakan, BBWS: Semoga Bermanfaat

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Pembangunan intake dan jaringan air baku Balokang Patrol telah rampung. Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy secara resmi menyerahterimakan pengelolaannya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar melalui Perumda Tirta Anom Banjar, Rabu (29/12/2021).

    Kepala BBWS Citanduy, Bambang Hidayah mengharapkan, aset milik kementrian PUPR ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Banjar.

    “Pipa transimisi jaringan air baku Balokang Patrol ini dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Saya harapkan IPA ini bisa bermanfaat untuk masyarakat melebihi 50 tahun,” kata dia saat serah terima pengelolaan IPA Balokang Patrol kepada Pemkot Banjar melalui Perumda Tirta Anom.

    Bambang mengatakan, aset milik negara tersebut bernilai Rp32 milyar yang dianggarkan dari APBN. Dalam pengerjaannya, IPA ini dikerjakan melalui dua tahap pembangunan.

    BACA JUGA: Unik, Pipa Rokok dari Pohon Pisang

    “Pertama pada tahun 2014 sebesar Rp18,5 milyar dan tahap penyempurnaanya sekitar Rp900 juta,” kata dia.

    Kemudian pada 2021, BBWS kembali membangun jaringan pipa tranmisi dengan alokasi anggaran Rp12,7 milyar.

    Menurut Bambang,  aset intake dan jaringan air baku Balokang Patrol ini masih milik Kementrian PUPR BBWS Citanduy. Yang diserahkan ke Pemkot Banjar melalui Perumda Tirta Anom Banjar hanya dari sisi pengelolaan termasuk pemeliharaan rutin dengan kategori ringan.

    “Pemeliharaan berkala jangka panjang dengan tingkat kerusakan berat akan tetap dilaksanakan oleh BBWS,” Bambang menambahkan.

    Dia menyebutkan intalansi pengolahan air ini mencukupi kebutuhan air baku domestik Kota Banjar. Selain dari IPA Balokang Patrol, juga diprogramkan penambahan air baku dari Bendungan Leuwi Keris yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

    “Untuk ketersediaannya itu cukup melayani 4.000 kepala keluarga atau 28 ribu jiwa di Kota Banjar. Volume air baku yang berhasil didistribusikan mencapai 50 liter perdetik,” dia menjelaskan.

    Sementara Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana merespon positif serah terima IPA Balokang Patrol. Pihaknya sangat berterimakasih kepada Kementrian PUPR melalui BBWS Citanduy.

    “Kami Pemkot Banjar ucapkan terimakasih semoga kami bisa terus menjalin sinergitas dengan baik bersama BBWS,” kata Nana.

    BACA JUGA: Pemanfaatan IPA Balokang Patrol Banjar Belum Maksimal

    Nana berharap, kerjasama yang sudah terjalin bisa mewujudkan Banjar menjadi kota tujuan.

    “Dimana sungai citanduy bisa dikelola dengan baik dan bisa dijadikan pusat rekreasi air dan wisata kuliner apung,” kata Wakil Wali Kota Banjar.

    (Budiana Martin/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img