spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Tingkatkan Kompetensi, 25 Wartawan Ikut UKW

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 25 wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

    UKW bertajuk ‘Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’ ini menjadi uji kompetensi kedua yang digelar PWI Ciamis.

    “Peserta UKW datang dari wilayah Banjar, Ciamis dan Pangandaran,” kata Ketua PWI Ciamis Subagja Hamara di Gedung PGRI Ciamis, Selasa (28/12/2021).

    BACA JUGA: Pemkab Ciamis Segera Bangun Ruang Kelas SDN-2 Cimaragas

    Dari 25 wartawan yang mengikuti UKW ini, 23 di antaranya mengikuti ujian tingkat Muda dan sisanya di jenjang Madya. Dengan UKW ini, kata Bagja, diharapkan wartawan memahami kode etik dan bekerja di lapangan sesuai tuntunan kode etik.

    Dia pun berharap para peserta UKW bisa menjadikan ujian yang diikuti sebagai ajang evaluasi diri akan kemampuan jurnalistiknya, bukan hanya menulis tetapi juga memahami keinginan google.

    “Mau tidak mau, pelaku media massa saat ini harus memahami keinginan google agar masyarakat mudah mengakses karya-karya jurnalistik yang ditulis wartawan sebagai informasi,” kata dia.

    Sementara itu, Perwakilan PWI Jabar Ahmad Sukri  mengatakan bahwa seorang wartawan wajib meningkatkan komperensinya untuk bisa menjalankan profesinya dengan baik.

    “Saat ini untuk PWI Jawa Barat ada 1200 wartawan yang sudah mengikuti UKW,” kata dia.

    BACA JUGA: Ketua FRDB Banjar Siap Jadi Ketu KONI Banjar

    Sukri berharap seluruh peserta yang mengikuti UKW bisa lulus dan berkompeten dan ilmu yang didapat bisa diaplikasikan di lapangan.

    (Budiana Martin/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img